hari-jilbab-sedunia

KAIRO,, – Memperingati 4 tahun peristiwa tragedi Jilbab di Jerman, perempuan Muslim sedunia menyuarakan pentingnya mengenakan jilbab pada peringatan Hari Jilbab Sedunia pada tanggal 4 September.

“Allah menyayangi saya, itulah sebabnya Dia mengaruniai saya jilbab. Terimakasih Allah # worldhijabday4sep,” demikian twit seorang pengguna Twitter bernama Aliya Mansoor yang diposting pada Rabu, tanggal 4 September, lansir onislam.net.

“Nilai saya dengan apa yang ada di dalam kepala saya bukan apa yang ada di atas kepala saya!,” ujar pemilik akun lain bernama Arooj Kamal, menambahkan.

Banyak Muslim memperingati Hari Solidaritas Hijab Internasional pada minggu pertama September. Sebuah hash-tag khusus dibuat di Twitter, # worldhijabday4sep, yang menarik ratusan komentar.

Peringatan hari jilbab sedunia pertama kali diluncurkan oleh organisasi yang berbasis London untuk Perlindungan jilbab (Protect Hijab) pada tahun 2004 untuk memprotes pemerintah Prancis yang melarang jilbab di sekolah-sekolah negeri.

Pada awalnya hari jilbab internasional diperingati pada bulan Februari. Kemudian pada tahun 2009, hari jilbab internasional disarankan untuk diganti memperingati pembunuhan mengerikan wanita Mesir berjilbab, Marwa Al-Sherbini, oleh pria rasis Jerman pada bulan Juli 2009. Marwa ditikam oleh pria Jerman saat memberi kesaksian di Pengadilan.

Acara ini menarik dukungan dari pengguna Twitter yang berbeda, termasuk laki-laki.

“Semua orang yang menentang jilbab harus meminta Biarawati Kristen untuk melepasnya juga. Mereka harus membiarkan orang mengikuti kewajiban Islam mereka # WorldHijabDay4Sep,” tulis Usman Maqsood.  (muslim daily)