esemkajokowiJokowi dan Mobil Esemka-nya

Jakarta Dalam sejumlah survei, mencari tokoh yang pantas sebagai Capres 2014 mulai merebak di tengah masyarakat. Nama Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau Jokowi masih kuat menjadi kandidat tertinggi di sejumlah Survei.  Termasuk survei yang baru baru ini dilakukan oleh Indonesia Network Election Survei (INES), jokowi terus meroket. Namun dalam Survei  juga ditemukan pertanyaan masyarakat mengenai perkembanmgan  mobil Esemka Jokowi.

Seperti dilansir liputan 6. com  Kamis 05/09/2013. Masih ingat mobil Esemka kebanggaan Gubernur DKI Jakarta Jokowi? Saat menjabat Walikota Solo, pria bernama lengkap Joko Widodo itu meluncurkan kendaraan yang digadang-gadang sebagai mobil produksi Indonesia. Lama berselang, kini Jokowi diingatkan kembali soal nasib mobil Esemka.

Dalam survei yang dilakukan Indonesia Network Election Survei (INES) tercatat, elektabilitas Jokowi terus meroket tajam hingga sebesar 21,4 persen. Namun dalam survei itu juga ditemukan pertanyaan masyarakat mengenai Esemka.

“Masyarakat juga mempertanyakan nasib mobil Esemka yang menjadi kampanye unggulan Jokowi ketika membangun image untuk mencalonkan diri sebagai Gubernur DKI Jakarta pada saat menjadi Walikota Solo,” kata Direktur Data INES, Sutisna di Jakarta, Kamis (5/9/2013).

“Sebab sampai hari ini nasib mobil Esemka tidak jelas perkembangannya,” imbuhnya.

Sementara itu, Sutisna juga mengkritis porsi pengaruh Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok terhadap tingginya elektabilitas Jokowi.

“Hal ini sesuai dengan kenyataan bahwa masyarakat menilai yang menghadapi kelompok penolakan penggusuran pedagang kaki lima, penggusuran Waduk Pluit, protes dari Komnas HAM serta aksi tuntutan buruh mengenai UMR DKI Jakarta adalah Ahok, bukan Jokowi,” tutur Sutisna.

Survei ini menjaring sebanyak 8.280 responden yang tersebar di 33 provinsi se-Indonesia, meliputi 390 kabupaten, 92 kota, 600 desa, 435 kelurahan. Survei tersebut dilakukan pada 16 Agustus-30 Agustus 2013.

Penarikan sampel menggunakan metode stratified random sampling yang diambil secara random dengan margin of error sekitar 1,1 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.