us armyTentara AS menggunakan masker dalam latihan pertempuran menggunakan

serangan senjata kimia (Photo Reuters)

=============================================================

WASHINGTON – Komite Hubungan Internasional Senat Amerika Serikat (AS) mendukung rencana Presiden AS Barack Obama untuk melakukan aksi militer di Suriah, dalam pemungutan suara yang berlangsung Rabu (4/9) waktu setempat atau Kamis dinihari WIB.  Persetujuan tersebut semakin membuka peluang Obama mendapatkan persetujuan Kongres AS, untuk membombardir Damaskus.


sTinggal  selangkah lagi AS  mendapat izin dari kongres untuk menyerang Suriah. Komite Senat Amerika Serikat, Rabu malam telah memutuskan untuk menyetujui pengerahan militer ke Suriah.

Persetujuan diputuskan melalui pemungutan suara setelah diskusi yang berlangsung selama dua hari di Capitol Hill, Washington. Pemungutan suara mendapatkan hasil tipis 10 berbanding 7 untuk keunggulan suara pendukung aksi militer Amerika Serikat ke Suriah.

Pemungutan suara dilakukan empat hari setelah Obama meminta Kongres untuk menyetujui serangan militer di Suriah, dengan alasan negara pimpinan rezim Bashar Assad itu telah menggunakan gas sarin untuk membunuh lebih dari 1.400 orang di wilayah Ghuthah, dekat Damaskus.

Keputusan komite ini merupakan langkah formal yang pertama sebelum Kongres keseluruhan menyatakan setuju atau tidak. Kongres Amerika terdiri atas Senat dan parlemen.

Dikutip dari alarabiya, Kamis (5/9), Komite tersebut menambahkan batasan dalam aksi militer yang dilakukan. Para senator membatasi aksi militer hanya 60 hari, meskipun Obama bisa meminta tambahan waktu 30 hari