kapal-perang-as--uss-mahanKapal perang AS, USS Mahan, merapat ke Suriah

Militer AS telah  siap  melancarkan serangan ke Suriah. Pejabat senior Amerika mengatakan Amerika Serikat telah merencanakan untuk meluncurkan serangan rudal terhadap Suriah pada hari Kamis.

Pejabat yang tidak disebutkan namanya mengatakan kepada NBC News pada hari Selasa bahwa  serangan “tiga hari” akan terbatas dan ditujukan untuk mengirim pesan kepada Presiden Suriah Bashar al-Assad bukan merendahkan kemampuan militernya, demikian lansir presstv.

Pada Senin malam, empat kapal perang AS dikerahkan di Laut Mediterania dengan kemampuan menembakkan rudak hingga ke Suriah.

Pejabat tersebut mengatakan jika AS ingin mengirim pesan kepada Assad, aksi militer kemungkinan besar akan menjadi serangan rudal Tomahawk yang diluncurkan dari sebuah kapal di Mediterania.

Militer AS telah meningkatkan peralatan selama beberapa minggu terakhir. Beberapa kapal selam bertenaga nuklir dilaporkan di berada perairan dekat Suriah, juga  dilengkapi peluncur rudal.

Laporan itu muncul sehari setelah Menteri Luar Negeri AS John Kerry menuduh pemerintah Suriah menggunakan senjata kimia.

Sementara itu menteri pertahanan AS mengatakan pada hari Selasa bahwa pasukannya siap untuk melancarkan serangan terhadap rezim Suriah atas serangan kimia, di tengah meningkatnya seruan Barat dan Arab untuk bertindak.

Berbicara di Brunei setelah kunjungan ke beberapa negara Asia termasuk Indonesia, Menteri Pertahanan AS Chuck Hagel mengatakan militer siap untuk bertindak setelah Presiden Barack Obama memberikan perintah, demikian lansir alarabiya.net.

“Kami siap. Kami telah memindahkan peralatan untuk dapat memenuhi dan mematuhi opsi apapun yang presiden ingin mengambil,” katanya. (dailymuslim)