EGYPT-INTERRIM GOV'YT-TAKING OATH

KAIRO–  Mesir melantik susunan kabinet barunya  yang merupakan pemerintahan interim pertama Mesir sejak militer menggulingkan Presiden Mohamed Mursi dua pekan lalu,  Kanbinet interim ini  terdiri atas  35 Anggota ,  Hampir seratus persen, tokoh-tokoh liberal memegang pos-pos penting di kementerian. Pelantikan ini dilaksanakan Selasa  (16/7/2013) waktu setempat.

“Kami tidak mengakui legitimasi maupun otoritasnya,” kata juru bicara Ikhwanul, Gehad El-Haddad, seperti dikutip AFP, Rabu (17/7).

Kabinet interim yang dipimpin   ahli ekonomi liberal  Hazem al-Beblawi  sama sekali tidak menyertakan orang-orang dari partai Islam manapun, termasuk dari Partai An Nur. Padahal partai Salafi ini disebut-sebut sebagai pendukung kudeta militer. Al Biblawi sendiri merupakan seorang ekonom liberal sisa rezim Hosni Mubarak

Sementara Abdel Fattah al-Sisi, jenderal yang menjadi tokoh sentral  kudeta militer yang menggulingkan Mursi, menjadi wakil Hazem al-Beblawi  alias wakil perdana menteri dan juga menjabat sebagai menteri pertahanan..

Pengambilan sumpah berlangsung di Kairo, Selasa (16/7) waktu setempat. Kabinet yang berjumlah 35 menteri termasuk tiga wakil perdana menteri itu, didominasi kaum liberal dan teknokrat. Presiden Adly Mansour juga mengangkat beberapa menteri beragama Kristen dan beberapa menteri perempuan.

Tiga wanita yang masuk kabinet masing-masing menjabat Menteri Lingkungan, Menteri Informasi dan Menteri Kesehatan. Menteri Pemuda yang baru adalah seorang mantan bintang sepakbola dari klub Al Ahly.

Pelantikan anggota kabinet ini dilakukan setelah bentrokan berdarah  antara para pendukung dan penentang Mursi di jantung Kota Kairo dan di Kota Giza. Dilaporkan tujuh orang tewas dan 261 orang lainnya luka-luka dalam bentrokan tersebut. Kepolisian Mesir menangkap  lebih dari 400 orang  demonstran pendukung Mursi dalam insiden itu.