lorban rusuh tinjuFoto Korban Meninggal dunia dan luka luka di RSR Nabire  akibat kerusuhan yang terjadi Minggu

malam (Senin 15/6) di Gedung Olahraga Nabire (Foto :Maluku.com)

Papua –  Final pertandingan tinju yang memperebutkan piala Bupati Nabire di GOR Nabire Papua, Minggu malam  (Senin : 15/07/2013) berlangsung rusuh. 18 penonton dilaporkan tewas  dan sekitar 33 lainnya luka-luka saat berdesak-desakan pasca-kemenangan Alfius Rumkorem dari Sasana Persada atas Yulianus Pigome dari Sasana Mawa. . Hingga saat ini, para korban baik yang tewas maupun yang menderita luka, masih berada di RSUD kota Nabire, Papua.

Kejadian bermula saat final tinju kelas 56 kg memperebutkan piala Bupati Nabire, antara Yulianus Pigome dan Alfius Rumkorem. Wasit pertandingan ternyata memenangkan Alfius Rumkorem. Pendukung Yulianus Pigome yang tidak terima dengan kekalahan itu marah, dan mulai melempari penonton dengan kursi dan saling pukul antar penontonpun tak terhindarkan.

Kerusuhan mulai memanas dan penonton lain yang ketakutan berlarian keluar. Pintu GOR yang berjumlah tiga, ternyata hanya dibuka di akses pintu masuk saja. Akibatnya penonton saling berdesakan dan terinjak – injak berebut untuk keluar. 18 orang dilaporkan tewas karena terinjak – injak. Sementara penonton yang luka parah dilarikan ke RSUD Nabire.

Korban tewas dan kritis saat ini masih berada di ruang UGD RSUD Nabire. Jumlah korban tewas dikhawatirkan akan terus bertambah mengingat mobil ambulance masih terus berdatangan ke unit gawat darurat RSUD Nabire dengan membawa para korban kerusuhan turnamen tinju Bupati Cup. Sejumlah warga Nabire terus berdatangan ke RSUD, untuk mengecek ada tidaknya keluarga mereka yang menjadi korban.

Berikut data terbaru korban yang meninggal dunia di RSUD Nabire  ( liputan 6):

1. Piet Wabes
2. Yanus Manibui
3. Ani Woyaa
4. Miryam Mandosir
5. Lisa Womsiwor
6. Ice Tebai
7. Wilem Agapa
8. Teresia Waine
9. Yosina Waine
10. Yakob Rumkorem
11. Stefina Tebai
12. Yuliana Magai
13. Monika Bonai
14. Huda
15. Martina Keiya
16. Merlyn Ayemseba
17. Elina Dugupa
18. Benidiktus Dow