Adly-MansourPresiden baru Mesir, Adly Mansour

Hakim Mahkamah Konstitusi resmi dilantik sebagai presiden sementara/ interim  Mesir pada Kamis, 4 Juli sehari setelah penggulingan presiden terpilih Mohamed Mursi dan saat pasukan keamanan telah mengeluarkan perintah untuk menangkap para pemimpin Ikhwanul Muslimin.

Presiden baru Mesir, Adly Mansour , awalnya ia baru saja menjadi ketua Mahkamah Konstitusi dan ia hanya menjabat dua hari , ironisnya Mursi-lah yang mengangkat Adly sebagai ketua mahkamah konstitusi tersebut yang melambungkan namanya di jajaran pejabat Mesir.
Dilansir dari Aljazeera, Kamis (4/7/2013), sosok Mansour berusia 67 tahun  memiliki tiga anak yang disukai pihak militer ini, merupakan lulusan dan peraih beasiswa dari institusi pendidikan Prancis, Ecole Nationale de l’Administration.

Mansour juga telah lama berkecimpung menjadi hakim di bawah mantan Presiden Hosni Mubarak. Ia juga  turut berpartisipasi membantu pembuatan RUU pengawasan pemilihan presiden yang membawa Mursi berkuasa pada 2012, yang juga menetapkan hukum tentang jangka waktu untuk kampanye pemilu.

Ironisnya lagi, Ia selama ini adalah wakil kepala Mahkamah Konstitusi Agung sejak tahun 1992, yang seharusnya menjadi penjaga gawang konstitusi di negeri Mesir itu.

Fotonya tidak pernah tampil di antara jutaan demonstran yang dimobilisasi oleh para politisi oposisi dan akar rumput oposisi penentang Mursi dan Ikhwanul Muslimin selama gejolak kekerasan dalam 12 bulan ini.