ipdnIPDN  (merdeka.com)

Satu lagi tamparan untuk Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN). Ternyata kemampuan penguasaan Bahasa Inggris alumni Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) mengecewakan. Hal ini disampaikan Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan.

“Maaf sebelumnya, tapi kemampuan Bahasa Inggris lulusan IPDN kurang,” kata Wali Kota dalam pelantikan Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan di Batam, Selasa (2/7). Demikian dikutip antara.

Ahmad Dahlan mengatakan dari banyak lulusan IPDN yang menjadi PNS di Pemkot Batam, hanya beberapa orang saja yang menguasai Bahasa Inggris. Padahal Bahasa Inggris penting, apalagi menghadapi era globalisasi.

Wali Kota Batam itu kemudian meminta pihak IPDN menyempurnakan materi pendidikan Bahasa Inggris di sekolah pamong itu.

“Perlu ada penyempurnaan materi peningkatan kemampuan bahasa inggris dan pendidikan hukum. Pengetahuan hukum penting, karena negara kita negara hukum,” kata Wali Kota.

Di tempat yang sama, Mantan Rektor IPDN Ryaas Rasyid mengatakan terkejut dengan pernyataan Wali Kota. Karena menurut dia, saat masih memimpin IPDN, pelajaran Bahasa Inggris termasuk yang diutamakan.

“Bahasa Inggris itu mutlak, saya terkejut alumni IPDN tidak menguasai Bahasa Inggris, karena waktu saya masih di IPDN wajib Bahasa Inggris tiap semester,” kata dia.

Dia menyarankan rektor IPDN yang kini menjabat untuk menambah pelajaran Bahasa Inggris. Dalam kesempatan itu, Ryass memuji langkah Wali Kota yang berani mengungkapkan keluhan tentang kemampuan Bahasa Inggris lulusan IPDN. (Merdeka.com)

[ian]