anti morsi1Guardian.co. uk

Kairo, -Jutaan orang  demo turun kejalan hari Minggu (30/6/2013 ) waktu setempat, menuntut Presiden Mursi yang baru berkuasa satu tahun untuk mundur., Ini merupakan aksi demo terbesar di Mesir sejak revolusi 2011 lalu.

“Ini merupakan aksi demo terbesar dalam sejarah Mesir,” ujar sumber militer Mesir. Tidak disebutkan jumlah pasti para demonstran tersebut. Namun dikatakan sumber militer itu, jutaan orang ikut serta dalam aksi-aksi demo yang digelar di Kairo dan kota-kota lainnya di Mesir.

Pada hari Senin  negara itu berada dalam kondisi kebuntuan tegang karena tuntutan pengunduran diri oleh pihak sekuler tidak  dianggap oleh Mursi dengan tegas, dan oposisi pun bersikap untuk  berencana bergerak melakukan  langkah berikutnya.

Diperkirakan tidak kurang 16 orang tewas selama demonstrasi protes pada hari Minggu dan lebih dari 600 orang terluka dalam bentrokan antara pendukung dan penentang Mursi,

Seorang tokoh oposisi mengatakan kepada AFP, bahwa militer Mesir harus melakukan intervensi karena Mursi menolak untuk mundur dalam menanggapi demonstrasi protes anti-pemerintah.

“Angkatan bersenjata harus bertindak, karena militer selalu berada di sisi rakyat,” kata Hamdeen Sabahi, yang juga kandidat yang kalah dalam pemilihan presiden 2012, sebagai kandidat nasionalis sayap kiri.

Para pemimpin oposisi, yang gamang akan gelombang protes yang  belum juga mendapatkan hasilnya setelah beberapa hari di bulan Desember dan Januari, akan bertemu kembali pada Senin sore untuk merencanakan langkah mereka selanjutnya, kantor berita Reuters melaporkan.