asap-singapuraPantai Marina Singapura yang berselimut Kabut (sumber CNN 19 juni 2013)

Jakarta – Kebakaran yang melanda sejumlah kawasan di daratan Provinsi Riau, Sumatera  menjadii berita besar di kawasan Asia Tenggara saat ini karena kabut asapnya diexspor ke negeri jiran dan membekap Singapura dan Malaysia. Berbagai Media ternama Internasional memberitakan peristiwa yang menghebohkan ini .  CNN (19 Juni 2013) merilis berita tentang kabut asap di Singapura bertajuk : “Singapore chokes on haze as Sumatran forest fires rage

CNN menurunkan berita dengan gambar Marina Bay Sands dan convention center di Singapura yang dihias oleh kabut asap. CNN menyebutkan bahwa kabut asap berasal dari kebakaran hutan yang melintas menyeberangi selat malaka. Kejadian ini merupakan yang terburuk dalam satu dekade terakhir

Di media ternama dunia ini juga mengutip pernyataan Menteri Lingkungan Hidup Singapura yang ditujukan kepada Menteri Lingkungan Hidup Pemerintah Indonesia Balthasar Kambuaya :

“ Dr Balakrishnan said on his Facebook site that he had approached his Indonesian counterpart, Balthasar Kambuaya, to express his “deep distress” at the situation.”

“I suggested Minister Kambuaya name the companies responsible for the fires,” Dr Balakrishnan posted on the site.

Tak ketinggalan BBC News Asia menurunkan berita terkait bencana kabut asap terburuk dalam 16 tahun terakhir dengan judul : Singapore hit by highest haze levels in 16 years.

asapsingapura02Kota Singapura Berselimut asap ketika terjadi kabut asap di Asia Tenggara tahun 1997 (Reuters via BBC News Asia)

BBC menyebutkan bahwa pada tanggal 18 Juni 2013 PSI (Pollutant Standards Index) di udara Singapore melebihi batas ambang kesehatan yaitu 100. Kemarin, index polusi di udara Singaopre mencapai 155.

Tingginya indeks polusi ini membuat Pemerintah Singapura mengeluarkan himbauan agar menghindari aktivitas di luar ruangan dan orang yang rentan terganggu kesehatannya diminta agar tetap tinggal di rumah.

Media Singapura melaporkan bahwa kabut asap ini membuat pemerintah Singapura melontarkan kritikan kepada pemerintah Indonesia. Warga dan turis juga marah.

“Singapore’s Environment Minister Dr Vivian Balakrishnan said that “for too long, commercial interests in Indonesia have been allowed to override environmental concerns”.

Tak ketinggalan Straitstimes juga merilis kabar tentang ancaman bahaya polusi udara yang mendekati ambang “hazardous” yaitu 290 PSI hari ini 19 Juni 2013 pukul 9:16 PM (level berbahaya bila PSI atau Pollutant Standards Index melebihi 300) . Level kualitas yang terbaca saat ini sudah melebihi batas yang terjadi pada bencana kabut asap yang terjadi pada tahun 1997 yakni sebesar 226. Straitstimes menerbitkan berita dengan judul : Haze in Singapore hits historical high, PSI at 290.

.asap singapura03Kondisi Kabut asap di Pelabuhan Laut Singapura (sumber Staitstimes, photo: AFP)

Beberapa tempat wisata tutup  dan berbagai acara banyak yang batal seperti ditulis media nasional ROL :  sejumlah-tempat-wisata-singapura-tutup-karena-kabut , Jadi bukan hanya Warga Singapura saja yang kecewa  seperti dilaporkan  kontan id .co  Asap belum sirna, Singapura makin kecewa  , namun turis manca negara  di singapura juga  banyak yang kecewa berat dengan  kabut asap Sumatera ini,  sehingga salah seorang  bocah turis asal Amerika Natalia Byer. (7)  mengadukan expor kabut asap Indonesia  ini ke Presidennya   Barack Obama seperti dilansir  tribunnews :  Kabut Asap di Singapura Diadukan ke Barack Obama

Singapura adalah sebuah negara kecil di lingkup Asean, namun memiliki sumber daya ekonomi raksasa. Serta ditunjang dengan kecanggihan peralatan militer dan hitech, membuat negara kecil  ini sangat disegani di kawasan Asean.

Indonesia sebagai negara raksasa dalam hal luas wilayah teritorial di kawasan Asean, sampai kehabisan ide menghadapi negara  ini. Terutama dalam masalah ekstradisi para koruptor kakap yang kabur ke negara tersebut. Dengan berbagai dalih, serta memanfaatkan pengaruh kekuatan ekonominya dengan negara-negara dunia, Singapura berani mementalkan rencana kerjasama ektradisi koruptor kakap dengan Indonesia, dengan alasan yang tidak jelas.

Beruntung, Indonesia adalah tetangga yang baik. Walaupun Singapura nyata-nyata bersikap licik terhadapnya, namun masih tetap membuka pintu kerjasama ekonomi sebesar-besarnya kepada Singapura. Terbukti dengan masuknya investor negeri jiran tersebut ke beberapa perusahaan raksasa Indonesia, serta meraup untung triliunan rupiah setiap tahunnya.

Namun siapa nyana, ternyata akibat semburan asap hasil pembakaran hutan di pulau Sumatera selama seminggu ini, seolah-olah membuat Singapura  ini tumbang atau hilang nalar positifnya. Terbukti dengan keluarnya statement sampah dari pejabat tinggi negeri jiran tersebut untuk memboikot produk Indonesia. Belum lagi pernyataan-pernyataan keras lainnya yang ditujukan kepada pejabat Indonesia yang membuat kuping merah. Seolah-olah selama ini Indonesia tidak berbuat apa-apa dalam menuntaskan masalah kebakaran tersebut.

Padahal kebakaran hutan dikawasan propinsi Riau Sumatera ini berasal dari areal perkebunan dan hutan  tanaman industri milik perusahaan modal asing asal Singapura dan Malaysia. seperti ditulis ROL :   Kebakaran Riau di Lahan Perusahaan Singapura dan Malaysia . Anggap saja kabut asap sebagai bonusnya.bozzzzz….. mantap toh….

Sumber : ROL, Tribun, Kompasiana, Kontan