HochleistungszellePhoto : leftlanenews.com

Wurttemberg –  Baterai standar nobil listrik saat ini hanya tahan 10 tahun, baru -baru ini para Ilmuwan asal Jerman berhasil menciptakan baterai mobil listrik yang dapat tahan digunakan lebih dari 25 tahun

Ilmuwan Jerman di Pusat Energi Solar dan Hidrogen Penelitian Baden-Württemberg, atau “ZSW” , telah  berhasil menciptakan sebuah bentuk baru dari baterai lithium-ion yang mampu mempertahankan 85 persen dari kapasitas aslinya setelah lebih dari 10.000 siklus discharge.

Selain mobil listrik, baterai ini juga ditujukan untuk kendaraan listrik lainnya, angin dan tenaga surya. Meskipun diisi ulang tiap hari, baterai ini tetap bisa bertahan lebih dari 25 tahun yang jauh lebih tahan lama dari komponen lain di kendaraan listrik.

Baterai ini juga memiliki kerapatan daya 1.100 watt per kilogram, atau sekitar tiga kali lebih baik dari baterai lithium-ion yang ada saat ini, seperti diwartakan LeftLaneNews.

Kementrian Federal Pendidikan dan Riset Jerman (BMBF) dan Kementerian Federal Ekonomi dan Teknologi Jerman (BMWi) mendanai pengembangan baterai ini sehingga ada kemungkinan mobil buatan Jerman akan menjadi yang pertama menggunakan baterai ini.

Jika nantinya mulai diimplementasikan di mobil-mobil listrik, baterai ini bisa membuat mobil listrik lebih menarik bagi masyarakat karena umurnya yang bisa sedemikian panjang.