darul oolunmphoto : Islamic centre di Muswell Hill London  terbakar

London, –  Empat remaja telah ditangkap oleh aparat  kepolisian Inggris , terkait kebakaran di sebuah sekolah Islam Darul Uloom  London. Penangkapan ini dilakukan saat polisi meningkatkan patroli-patroli di sekitar tempat-tempat muslim di London.

Pengamanan ini dilakukan menyusul insiden kejadian pembunuhan tentara Inggris Lee Rigby,  di jalanan  kawasan Woolwich, London pada 22 Mei lalu.

Kepolisian Metropolitan London menyatakan, mereka akan meningkatkan pengamanan di tempat-tempat yang dianggap berisiko.

“Kita tak bisa membiarkan pembunuhan Lee Rigby terjadi di antara warga London. Respons terpadu di seluruh komunitas yang telah kita lihat atas kematiannya, akan menang atas mereka yang mencoba memecah kita,” kata Komisioner Kepolisian Sir Bernard Hogan-Howe seperti yang dilansir kantor berita Reuters, Senin (10/6/2013).

Sebelumnya diberitakan, kebakaran terjadi di sekolah Islam berasrama Darul Uloom Islamic High School di Chislehurst, pinggiran London pada Sabtu, 8 Juni malam waktu setempat. Dua remaja berumur 18 tahun dan dua remaja berumur 17 tahun kemudian ditangkap atas tuduhan melakukan aksi pembakaran di sekolah tersebut. Mereka kini ditahan di kantor polisi London selatan.

Kebakaran itu menimbulkan kerusakan pada gedung sekolah tersebut. Sekitar 128 murid dan staf pun dievakuasi. Dua orang sempat dirawat di lokasi karena menghirup asap, namun keduanya tidak perlu dirawat di rumah sakit.

Seperti diberitakan dailymail Senin 10 Juni 2013, Seorang   perwira senior di kepolisian  Inggris  Simon Letchford, mengatakan, telah terjadi peningkatan  tajam jumlah serangan terhadap Muslim Inggris..

Letchford mengatakan  pelecehan terhadap umat Islam kemungkinan mungkin lebih luas daripada angka yang dilaporkan kepolisian.  Pihak  Kepolisian Metropolitan telah meningkatkan keamanan di beberapa pusat Islam.

Dia mengatakan, sekitar delapan tempat insiden Islamofobia di bukota setiap hari, naik tajam dari hari hari  biasa .

Mr Letchford mendesak warga London untuk ‘saling bahu-membahu’ dalam merespon insiden  pembunuhan Drummer Lee Rigby di Woolwich.

Empat remaja telah ditangkap karena dicurigai telah melakukan pembakaran sehubungan dengan kebakaran di sebuah pesantren di Chislehurst, selatan London timur pada Sabtu malam.

Api terjadi hanya beberapa hari setelah sebuah pusat Islam di London Muswell Hill terbakar habis terkait isu serangan rasis.

Mr Letchford mengatakan kepada acara Today BBC Radio 4: “Kami telah menempatkan personal polisi tambahan di sejumlah tempat yang kita anggap rentan”

“Jelas ini adalah waktunya bagi warga London untuk  bekerja sama  setelah pembunuhan tragis Lee Rigby dan kami akan mendorong orang untuk tetap tenang, untuk memberikan informasi kepada kami pada siapa saja yang mereka percaya adalah melaksanakan tindakan-tindakan kriminal.

“Kami akan melakukan segala yang kami bisa baik untuk melindungi tempat tetapi juga untuk membawa ke pengadilan mereka yang melanggar hukum.”