Russia Protests

MOSCOW – Setelah Presiden Vladimir Putin memerintahkan untuk menindak  keras umat Islam Rusia, Kekerasan baru terhadap umat islam terjadi di Rusia,  Polisi Rusia telah menahan  300 orang umat islam setelah melakukan shalat jum’at di Masjid di ibukota Rusia.

“Situasi di Kaukasus Utara harus di bawah kontrol khusus,” kata Presiden Vladimir Putin dalam pertemuan didepan perwira pasukan keamanan, Reuters melaporkan pada hari Jumat, tanggal 7 Juni.

“Kebijakan dalam memerangi korupsi, kejahatan dan pemberontakan harus dilakukan dengan keras dan konsisten.” Ujarnya.

Dalam razia pemerintahan Rusia yang dilakukan pada hari Jumat lalu, pasukan Rusia  menahan 300 Muslim, termasuk 170 orang berkewarganegaraan asing, tanpa mengungkapkan alasan apa di balik penangkapan mereka.

Pasukan yang dipimpin oleh Dinas Keamanan Federal (FSB), juga menyita literatur perpustakaan Islam untuk memeriksa isinya.

Serangan hari Jumat lalu adalah kali ketiga yang menargetkan Masjid Masjid di Moskow atau St Petersburg dalam tahun ini.

Federasi Rusia saat ini , sekitar 23 juta Muslim menetap di bagian utara Kaukasus dan bagian selatan republik Chechnya, Ingushetia dan Dagestan.