Pelaku-Bom-Poso1Jakarta – Bom bunuh diri meledak di Mapolres Poso, Senin (3/6/2013) pagi sekitar pukul 08.03 WITA. Waktu kejadian bertepatan dengan usainya kegiatan apel pagi.  Pelaku nekat menerobos penjagaan dan meledakkan dirinya . Bomber tewas tubuhnya tercerai berai namun wajahnya nampak kelihatan utuh.

Siapa pelaku aksi bom bunuh diri di Mapolres Poso, Sulteng masih misterius. Polisi terus melakukan pelacakan identitas pelaku. Termasuk menyebarkan wajah pelaku yang masih utuh.

“Pria berusia 30 hingga 35 tahun,” terang Kapolres Poso AKBP Susnadi saat dikonfirmasi detikcom, Senin (3/6/2013).

Dalam foto wajah pelaku yang diperoleh detikcom, tampak rambut pelaku lurus. Alis tebal, ada kumis dan janggut tipis. Wajah pelaku terlihat memar dan mata bengkak, kelopak mata tertutup. Bagian tubuh pelaku yang lain, seperti tangan dan kaki lepas dari tubuh dan terpental.

“Kita masih melakukan olah TKP,” jelas Susnadi.

Pelaku beraksi pagi tadi pukul 08.03 Wita. Pelaku masuk menerobos Mapolres Poso dengan motor bebek. Ada dua bom yang meledak, diduga bom kedua yang besar dan menghancurkan tubuh pelaku.

“Banyak paku berserakan,” terang Susnadi.

Polisi Kenali Wajah Pelaku Pembom Bunuh Diri

Kepala pelaku pembom bunuh diri masih utuh. Wajah pelaku bisa dikenali. Informasi yang diperoleh, penyidik sudah mengantungi identitas pelaku.

“Salah satu DPO kelompok Santoso,” bisik sumber yang enggan disebutkan namanya itu, Senin (3/6/2013).

“Sudah dikenali,” tambah sumber itu yang belum mau bicara soal inisial pelaku.

Sebelumnya Kapolres Poso AKBP Susnadi menjelaskan pelaku berusia 30-35 tahun. Diduga pelaku anggota kelompk garis keras.

Pelaku meledakkan diri sekitar pukul 08.03 Wita, setelah motornya menerobos masuk ke Mapolres Poso. Pelaku memakai jaket hitam besar dan helm. Polisi segera melakukan olah TKP mengumpulkan serpihan tubuh korban.

“Banyak paku yang tersebar,” jelas Susnadi.

Bom melukai seorang pekerja bangunan bernama Hafid yang tengah melakukan renovasi di Mapolres Poso. Lengan Hafid mengalami luka. Tidak ada polisi yang mengalami luka akibat bom itu. | detik.com