subWASHINGTON — Sebuah laporan terbaru menyebutkan tingkat kemiskinan pinggiran kota di Amerika Serikat (AS) tumbuh 64 persen selama satu dekade terakhir. Jumlah itu dua kali lebih cepat dari tingkat kemiskinan di daerah perkotaan.

Hampir sekitar 16,5 juta orang hidup dalam kemiskinan di pinggiran kota dibandingkan 13 juta orang miskin di kota-kota AS. Penulis buku ‘Menghadapi kemiskinan Suburban di Amerika”, Elizabeth Kneebone mengatakan setiap daerah pinggiran kota mengalami peningkatan populasi miskin.

“Rumah di suburban meningkat bagi populasi imigran baru, mereka punya komunitas di sana atau jaringan atau mereka mengikuti kesempatan mendapat rumah terjangkau atau pekerjaan,” kata Kneebone seperti dilansir PressTV, Selasa (21/5).

Dia mengatakan perumahaan di perkotaan sudah mahal karena itu orang mencari pilihan yang lebih terjangkau di wilayah suburban. Kemiskinan di pinggiran juga tumbuh karena ada pekerjaan dengan bayaran murah.

Diantara daerah dengan peningkatan tajam dalam kemiskinan dalam satu dekade terakhir yakni Cape Coral di Florida, Grand Rapids di Michigan, Greensboro Point-High Point di Carolina Utara, Colorado Springs di Colorado, dan Atlanta di Georgia. (AtjehCyber)