aston

London – Aston Martin selama ini dikenal sebagai produsen mobil yang memiliki desain-desain yang memikat. Harga mobil Aston Martin pun tidak ada yang bisa dibilang murah. Dan inilah mobil termahal Aston Martin.

Teryata, mobil termahal Aston Martin bukanlah sebuah mobil baru, tapi sebuah mobil jadul Aston Martin DB4GT buatan 1960 silam.

Mobil ini didaulat sebagai mobil Aston Martin termahal yang pernah dilelang. Harganya mencapai 3.249.500 pounds atau sekitar Rp 48,17 miliar saat dilelang akhir pekan lalu di Buckinghamshire, Inggris. Rekor pun tercipta.

Mobil yang didesain oleh Bertone tersebut merupakan seri terakhir yang dijual dan merupakan satu-satunya yang didesain oleh rumah desain Italia, Bertone.

Mobil yang memiliki julukan ‘The Jet’ ini pertama kali dipamerkan pada Geneva Motor Show 1961. Saat ini, ‘The Jet’ beradu tampan dengan Jaguar E-Type yang legendaris.

Sejak direstorasi pada 1986, Aston Martin DB4GT ini telah memenangkan setidaknya 12 penghargaan termasuk ‘First in Class’ di Pebble Beach dan Hurlingham Club serta ‘Best in Show’ di Villa D’Este. Itu semua adalah ajang adu gengsi para pecinta mobil klasik.

Di kesempatan yang sama, dilelang pula 196 mobil Aston Martin lain sebagai bagian dari perayaan 100 tahun merek ini. Seluruh mobil ludes terlelang setelah lebih dari 2.000 orang memperebutkannya. (detik)