tornado

MOORE – Tornado raksasa diperkirakan berkecepatan 200 kliometer/jam menghantam Oklahoma, Amerika Serikat. Selain memporak-porandakan Kota Moore, topan ini sudah menewaskan 179 warga dan sekitar 120 orang terluka.

Bangunan dan kendaraan remuk dihajar oleh angin puting beliung putaran angin yang kencang dari suatu kolom udara yang terbentuk dari awan cumuliform yang telah menyentuh tanah tersebut.

Tornado dalam skala jauh lebih kecil dan badai sudah menyambangi Oklahoma pada Minggu (19/5/2013) dan Senin (20/5/2013) pagi waktu setempat. Namun, tornado yang menyapu kota itu pada petang harinya disebut oleh otoritas cuaca setempat sebagai tornado yang langka. Dari beragam laporan pandangan mata, lebar tornado yang bergerak melintasi kota tersebut mencapai 3,2 kilometer.

Dua gedung sekolah dasar tempat belajar 75 siswa dipastikan lenyap, demikian dilaporkan usatoday.com, Selasa (21/5). Belum diketahui pasti seberapa banyak siswa menjadi korban. KFOR-TV melaporkan sejauh ini sudah tujuh siswa meninggal dunia. Tiga rumah sakit dikabarkan merawat 120 korban luka, termasuk sejumlah anak dari sekolah The Plaza Towers.

Dengan melihat kehancuran sekolah ini dan memeriksa data permukiman di sekitar sekolah, diperkirakan lebih dari 1.200 rumah sama luluh lantaknya dengan sekolah tersebut. Dilihat dari udara, tingkat kerusakan itu mengejutkan, kata John Welsh, seorang pilot helikopter KFOR, afiliasi CNN di Oklahoma.

“Seperti Anda mengambil rumah, Anda memasukkannya ke dalam blender raksasa, Anda menyalakannya berputar selama beberapa menit, dan kemudian Anda mengeluarkan hasilnya,” cetusnya seperti dirilis CNN.

Presiden AS Barack Obama memerintahkan Badan Penanganan Darurat Federal untuk mengirimkan seluruh bantuan yang ada ke wilayah tersebut. Palang Merah juga melakukan operasi penyelamatan untuk membantu para keluarga yang menjadi korban serangan tornado.

WARGA RI SELAMAT

Sementara itu, Konjen RI di Houston, Al Busyra Basnur, telah mengadakan kontak dengan sejumlah masyarakat dan diaspora Indonesia di wilayah yang terkena serangan tornado.

Seluruh warga Indonesia dinyatakan selamat. (Harian terbit)