susnoJakarta – Hari ini Senin (29/4) Kejaksaan Agung (Kejagung)  resmi menetapkan Susno Duadji sebagai buronan., Sang Purnawirawan  Jendral polisi bintang tiga  itu ditetapkan sebagai buron atas surat rekomendasi yang dilayangkan oleh Kejaksaan Negeri  (Kejari) Jakarta Selatan (Jaksel) No. B-1618/0.14Ft/04/2013 pada tanggal 26 April 2013.

Surat tersebut kemudian hari ini ditetapkan oleh Kejaksaan Tinggi (Kejati) DKI Jakarta sebagai tanda Ssusno masuk ke dalam daftar pencarian orang (DPO). Dengan Surat Kejati DKI Jakarta bernomor B.580/0.1/Fuh.1/04/2013, Susno resmi menjadi buruan seluruh kejaksaan di Tanah Air.

Seperti dilansir Kompas.com Senin (29/4)  Setelah dinyatakan buron  oleh Kejaksaan Agung, mantan Kepala Bareskrim Polri Komjen (Purn) Susno Duadji memberikan pernyataan melalui video yang ditayangkan di Youtube, Senin (29/4/2013) sore.

Video tersebut diunggah oleh akun Yohana Celia sekitar pukul 16.00. Susno tampak mengenakan batik dengan motif berwarna hitam dan putih. Ia bicara di sebuah tempat dengan latar belakang putih.

Dalam video berdurasi 15 menit 34 detik itu, Susno mengatakan, ia berada di daerah pemilihannya di dapil 1 Jawa Barat. Susno merupakan bakal calon legislatif Partai Bulan Bintang.

“Saya berada dalam keadaan sehat walafiat. Saya berada di daerah pemilihan saya di dapil 1 Jawa Barat. Tidak benar saya melarikan diri. Saya tidak berada di muka umum untuk menghindari eksekusi liar,” kata Susno.

Ia menuding jaksa mempertontonkan ketidakpatutan hukum saat mencoba mengeksekusi dirinya beberapa waktu lalu di kediamannya di kawasan Dago Pakar, Bandung. Ia menyatakan, eksekusi yang dilakukan jaksa tidak memiliki dasar hukum.