dprdigoyangbiduan

Jakarta- Perekrutan artis sebagai Caleg dianggap merupakan respon atas menurunnya kepercayaan publik terhadap partai politik. Popularitas artis dianggap sebagai senjata ampuh untuk meningkatkan elektabilitas parpol di Pemilu 2014

Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, gedung DPR selalu menjadi incaran para artis untuk mengadu nasib menjadi calon wakil rakyat. Dari tahun ke tahun, jumlah anggota Dewan dari kalangan artis pun terus meningkat.

Pada Pemilu 2014 nanti, jumlah para selebritis yang daftar sebagai calon anggota legislatif pun kian menjamur, termasuk para penyanyi dangdut. Seperti pedangdut muda Ridho Rhoma, putra si raja dangdut Rhoma Irama. Ridho tidak maju sendiri, sang kakak, Vicky Irama juga daftar sebagai anggota Dewan dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Tak cuma Ridho, banyak pedangdut wanita yang juga mendaftar sebagai caleg.  Siapa saja mereka?

angellelganyaleglewatppp

1. Angel lelga

Artis cantik yang juga mantan istri raja dAngdut Rhoma Irama, Angel Lelga resmi terdaftar sebagai caleg dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Angel Lelga maju untuk daerah pemilihan Solo dan sekitarnya.

“Saya pilih daerah pemilihan Solo, karena saya sempat tinggal lama di sana,” kata Angel Lelga kepada wartawan di Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), saat mendampingi penyerahan Daftar Caleg Sementara (DCS) PPP di kantor KPU, Jakarta, Senin (22/4) lalu.

Angel yang tampil mengenakan jilbab warna hijau mengaku ditawari oleh PPP untuk menjadi Caleg beberapa waktu lalu. Dia juga mengaku siap menghadapi semua konsekuensi di dunia politik.

“Saya sudah siap lahir batin. Betul ini dunia yang baru buat saya, tapi mudah-mudahan saya bisa mengikuti,” ujar Angel.

Nama Angel Lelga memang sempat mencuat beberapa tahun lalu saat terendus media bahwa ternyata wanita cantik berkulit putih tersebut istri siri dari raja dangdut Rhoma Irama. Angel Lelga dan Rhoma Irama sempat dekat lantaran pernah beradu akting dalam sinetron yang sama. Namun tak lama setelah diketahui media, Rhoma pun akhirnya menceraikan Angel Lelga.

Angel sempat mencoba peruntungan sebagai penyanyi dangdut dengan menyanyikan lagu ‘Jera’ karya Rhoma Irama. Wanita yang belakangan juga menjajal dunia akting tersebut sempat membuat album dangdut berjudul ‘Aku Tak Suka Dangdut’. Tapi almbumnya tersebut kurang meledak di pasaran.

liza-natalia

2. Liza Natalia

Instruktur senam dan juga artis dangdut Liza Natalia juga tak ketinggalan ikut meramaikan perpolitikan nasional. Melalui Partai Amanat Nasional (PAN), wanita cantik bertubuh seksi tersebut mendaftarkan diri sebagai caleg dari partai matahari terbit.

Liza Natalia nyaleg di daerah pemilihan Jabar 7 dengan nomor urut 7. Selain? Liza Natalia, para artis yang juga nyaleg di Dapil Jabar ada Gisel Anastasia, Ikang Fawzi, Dessy Ratnasari, Henidar Amru, Primus Yustisio, serta Lucky Hakim.

Dari 11 daerah pemilihan di Jabar, PAN itu cuma tidak memasang artis di tiga dapil yakni Dapil 9,10, dan 11. Selebihnya, para artis menghiasi dapil 1-8 di Jabar.

gita-kdi

3. Gita KDI

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) juga ikut latah banyak merekrut artis sebagai calon anggota legislatif (caleg). Partai yang mayoritas pendukungnya adalah warga Nahdlatul Ulama itu mengaku sudah banyak artis yang mendaftarkan diri untuk maju sebagai caleg dari PKB.

“Ada Gita KDI juga yang mau nyalon, tapi saya enggak hafal semua,” jelas Ketua Fraksi PKB DPR Marwan Jafar di Gedung DPR, Jakarta, Senin (21/1).

Gita KDI bukanlah artis baru di PKB. Sebelumnya, wanita berjilbab jebolan Kontes Dangdut TPI (KDI) tersebut sudah menjadi wakil rakyat dari PKB. Gita terpilih menjadi anggota Dewan melalui proses PAW, lantaran ada anggota DPR dari PKB yang meninggal dunia.

PKB pada Pemilu 2014 nanti memang memasang banyak artis. Selain Gita KDI, ada Arzerri Bilbina, Ridho Rhoma, Cinta Penelope, Ressa Herlambang dan masih banyak lagi yang lain.

Meski demikian, Marwan menjelaskan, tidak mudah untuk menjadi caleg di PKB. Para pendaftar harus terlebih dahulu mengikuti test yang telah diatur dalam mekanisme perekrutan caleg di PKB.

“Harus satu visi satu misi, isinya apa, platform kita seperti apa, nilai kepartaian harus tahu itu, kita sih welcome saja,” tegas dia.

FITRIAelvi

4. Fitria Elvi Sukaesih

Selain PAN dan PKB, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) juga banyak merekrut artis sebagai calon anggota legislatif. Salah satunya adalah mantan penyanyi cilik putri ratu dangdut Elvi Sukaesih, Fitria Elvi Sukaesih.

“Ada banyak artis yang mencalegkan dirinya di PPP,” ujar Sekjen PPP, Romahurmuziy saat diskusi di Warung Daun Cikini, Jakarta, Sabtu (13/4) lalu.


Menurut pria yang akrab disapa Romy ini, selain Mat Solar, artis yang nyaleg melalui PPP antara lain Angel Lelga, Doni Damara, Lyra Virna, Oki Asokawati dan Ratih Sanggarwati.

Semua artis yang daftar melalui PPP menurut Romy telah melalui seleksi. “Mereka semua sudah punya dapilnya masing-masing dan kita sudah melakukan check sound bagaimana respons masyarakat,” tutupnya.]Merdeka.com