Herculest

Hercules diborgol dan digelandang Polsi ke Polda Metro Jaya

Hercules  beserta 49 orang anak buahnya dibekuk  dan digelandang Polsi ke Polda Metro Jaya, karena dianggap meresahkan warga. Mereka diduga melakukan pemerasan di kawasan Komplek Perumahan Kebon Jeruk Indah (KJI) II Srengseng,  Kembangan, Jakarta Barat.

Berikut kronologi penangkapan penguasa Tanah Abang itu versi polisi:

Pukul 17.00 WIB

50 anggota Polres Jakarta Barat, Pimpinan Kasat Reskrim AKBP Hengki Haryadi dan Kompol Heru melakukan apel gabungan konsolidasi di Komplek KJI Srengseng, Kembangan, Jakarta Barat.

Pukul 17.20 WIB

Pada saat pelaksanaan apel, Hercules bersama kelompoknya sekitar 40 orang mendatangi Kasat Serse Jakarta Barat AKBP Hengki. Merasa tidak senang dengan keberadaan Apel di wilayahnya, beberapa anak buah Hercules melempar kaca ruko PT Tjakra Multi Strategi dengan batu.

Pukul 17.50 WIB

Tidak lama kemudian, sekitar 30 menit, datang dari kelompok Hercules 4 orang mengendarai motor membawa senjata tajam. Kemudian mereka di amankan petugas, selanjut nya dibawa ke Komando Polres Metro Jakarta Barat.

Pukul 18.00 WIB

Karena situasi mulai tidak kondusif, Resmob Polda Metro Jaya berjumlah 25 personel pimpinan AKBP Herry Heryawan menyisir lokasi, dan sekitar kediaman Hercules. Selanjutnya mengamankan kelompok Hercules sejumlah 45 orang, dan diamankan ke Polda Metro Jaya.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Rikwanto mengatakan sebelum kejadian tersebut terjadi permasalahan antara kelompok Hercules dengan PT Tjakra Multi Strategi.

Permasalahan terkait pembangunan ruko di lokasi Perumahan KJI, dengan alasan mengganggu jalan warga masuk ke perum KJI dan hal tersebut dijadikan alasan untuk melakukan pencurian material, mengintimidasi, dan memeras.

“Ada permasalahan antara kelompok Hercules dengan PT Tjakra Multi Strategi,” kata Rikwanto kepada wartawan, Jumat (8/3).

Dia melanjutkan, Hercules juga merasa tidak senang dengan apel yang dilakukan oleh petugas Kepolisian pimpinan Kasat Reskrim Polres Jakarta Barat itu.

“Hercules merasa tidak senang dengan keberadaan apel oleh Reskrim pimpinan Kasat Reskrim Jakbar dan mengganggunya,” ujarnya.

Jika terbukti bersalah, Hercules berikut anak buahnya dijerat dengan pasal UU Darurat 12/51 tentang Pemerasan, Pengrusakan dan Melawan Petugas yang Sah. Saat ini 51 orang termasuk Hercules sedang menjalani pemeriksaan di Direktorat Kriminal Umum Mapolda Metro Jaya.

Aparat Resmob Polda Metro Jaya menangkap Hercules bersama anak buahnya di Bellmont Residence Jalan Komplek Kebon Jeruk Indah II, Srengseng, Kembangan, Jakarta Barat. Saat ditangkap Hercules sempat emosi.

“Hercules pakai baju kuning, dibawa ke polda. Sempat bentak-bentakan sama Hengki Kasat Reskrim Barat,” ujar Kapolsek Kembangan Sutoyo, Jumat (8/3).

Menurut Sutoyo, saat dilakukan penangkapan Hercules tengah bersama 49 anak buahnya. Dengan menggunakan Mikrolet M 11 Hercules dibawa ke Polda Metro Jaya.

“Hercules kira pihak Bellmont yang manggil polisi buat apel. Dia enggak suka, ribut besar. Petugas sempat lepas tembakan ke atas,” katanya.

Sore tadi polisi menangkap Hercules karena sering memeras warga sekitar. Kini Hercules bersama 49 anak buahnya dibawa ke Polda Metro. Sedangkan sisanya dibawa ke Polres Jakarta Barat.