Hade

Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar “Naga Bonar”

Jakarta – Hasil perolehan quick count Lembaga Survei Indonesia (LSI), merilis pasangan Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar keluar sebagai pemenang. Meski data belum terkumpul 100 persen, LSI menyatakan hasil akhir tak akan jauh berbeda, dimana Aher-Dedy tetap akan mengungguli perolehan suara.

Sementara untuk posisi kedua adalah pasangan Rieke Diah Pitaloka-Teten Masduki dan ketiga Dede Yusuf-Lex Laksamana. “Meski belum 100 persen, tapi kami menyatakan bahwa Aher-Dedy akan memenangi Pilgub Jabar,” ujar Direktur Riset, Hendro Prasetyo dalam jumpa pers di Hotel Savoy Homann, Jalan Asia Afrika, Minggu (24/2/2013).

Hingga pukul 16.00 WIB, data masuk yang telah diterima LSI yaitu 95,33 persen dengan tingkat partisipasi 66,36 persen. Ini dia hasil perolehan suaranya:

Pasangan nomor 1 (Dikdik-Toyib)= 2,02 persen
Pasangan Nomor 2 (Yance-Tatang) = 12,01 persen
Pasangan Nomor 3 (Dede-Lex) = 25,39 persen
Pasangan Nomor 4 (Aher-Deddy) = 33,21 persen
Pasangan Nomor 5 (Rieke-Teten) = 27,37 persen

“Hasil ini termasuk mengejutkan dimana sebelumnya diprediksi yang susul menyusul adalah Aher-Dedy dan Dedy Lex, tapi kemudian Rieke muncul tanpa diperhitungkan. Ini menunjukkan satu dinamika yang luar biasa,” tuturnya.

Melihat hasil survei ini, Pilkada Jabar sepertinya akan berlangsung satu putaran. Dimana duet Aher-Deddy keluar sebagai pemenang,

aherdikdik

Dikdik Mulyana Arief Mansuryang  menyalami Aher dan Demiz

Para peserta Pilkada Jabar yang kalah bersikap ksatria. Dikdik Mulyana Arief Mansur yang merupakan cagub dari jalur independen tiba-tiba hadir di Grand Ballroom Hotel Papandayan, Kota Bandung, Minggu (24/2/2013). Ia memberi ucapan selamat atas kemenangan Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar berdasarkan quick count beberapa lembaga.

Saat konferensi pers berakhir, Aher, Demiz, serta perwakilan parpol koalisi melakukan sujud syukur di panggung kecil yang jadi tempat konferensi pers.

Usai sujud syukur, mereka saling bersalaman dan memberi ucapan selamat satu sama lain. Tapi tiba-tiba Dikdik datang dan berusaha ke panggung menemui Aher dan Demiz.

Dikdik yang mengenakan baju hitam plus ikat kepala itu langsung menyalami Aher dan Demiz. Para petinggi parpol koalisi juga mengucapkan selamat. Ia lalu diberi kesempatan untuk berbicara di hadapan wartawan dan para pendukung Aher-Demiz.

“Sesuai janji saya, siapa pun yang menang, saya akan jadi orang pertama yang mengucapkan selamat,” kata Dikdik.

Ia mengucapkan selamat dari hati yang paling tulus. Ia menyikapi kekalahannya dengan lapang dada. “Jabatan itu perspektif amanah dan titipan,” tuturnya.

Dikdik lalu mengajak semua pihak untuk sama-sama mendukung dan membantu Aher-Demiz. “Untuk memimpin Jabar ini butuh dukungan dan doa dari semua pihak,” jelasnya.

Pasangan cagub Jawa Barat (Jabar) Dede Yusuf-Lex Laksamana mengaku kalah. Dede mengucapkan selamat kepada siapapun pemenang di Pilgub Jabar.

“Kami paham teknologi quick count bisa dikatakan hampir mendekati kebenaran, oleh karenanya sudah hampir 100 persen kami tidak bisa melanjutkan karena perolehan kami di bawah 30 persen,” kata Dede dalam konferensi pers di markasnya di Hotel Patra Jasa, Bandung, Minggu (24/2/2013). Sesuai peraturan, pemenang Pilkada Jabar adalah yang mengantongi 30 persen suara.

Dede pun mengucapkan kepada pemenang Pilgub Jabar. Menurut quick count yang dilakukan tim Dede dengan menggandeng Jaringan Indonesia, pemenangnya adalah Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar.

“Kami ucapkan selamat kepada pemenang. Kami paham ini pilihan rakyat,” kata Dede.

Dede yang didampingi Lex Laksamana lantas mengucapkan terimakasih ke para pendukungnya. Dia meminta maaf gagal memenangi Pilgub Jabar.

“Kami minta maaf apabila kami belum bisa memberikan sebagaimana diinginkan teman-teman pendukung,” katanya.