Mahmud abbas

Presiden  Palestina Mahmud Abbas, dilaporkan telah menandatangani dekrit presiden resmi yang mengubah nama Otoritas Palestina menjadi “Negara Palestina.” Perubahan nama datang setelah Palestina berhasil untuk meningkatkan status mereka di PBB menjadi anggota. Semua perangko Palestina, tanda-tanda dan kop surat resmi selanjutnya akan diubah dengan nama baru, kantor berita resmi Wafa Palestina melaporkan pada hari Sabtu (5/1).

Langkah ini menandai upaya keras pertama Palestina, hingga turunnya keputusan PBB pada bulan November. Sebelum perubahan status, Abbas ragu-ragu untuk mengambil langkah lebih dramatis, seperti mengajukan dakwaan kejahatan perang terhadap Israel di Pengadilan Pidana Internasional, yang merupakan sebuah langkah yang hanya bisa dilakukan oleh sebuah Negara yang diakui PBB.

Sementara itu, Hamas telah memperoleh dukungan baru dari Palestina menyusul terjadinya perang delapan hari dengan Israel pada bulan November 2012. Saat itu, Israel menggempur Jalur pantai dari udara dan laut Gaza, sementara para pejuang Palestina, untuk pertama kalinya berhasil meluncurkan roket ke Tel Aviv (islampos)