grazy discount

Seorang pria sedang istirahat setelah  belanja  menikmati diskon besar-besaran  di dekat Oxford Street (Msn.news)

NEWCASTLE – Mungkin agak berbeda cara merayakan natal dan tahun baru antara komunitas masyarakat Di Newcastle dengan diberbagai belahan dunia lainnya, terutama di Indonesia.

Bagi hampir sebagian warga Inggris, termasuk di Newcastle tahun baru adalah waktu untuk menikmati diskon besar-besaran yang ditawarkan berbagai mal dan gerai belanja dinegeri ini.

Tidak ada hura-hura atau pawai menggunakan kenderaan secara berlebihan seperti yang kita saksikan di Indonesia.

Kalaupun ada keramaian, biasanya dalam bentuk pesta kembang api yang dibuat oleh pemerintah setempat. Dan yang menariknya diselenggarakan bukan pada jam 12 malam sebagai bentuk pergantian tahun, tapi dilaksanakan pada pukul 6 sore atau jelang malam, hal ini dimaksudkan agar semua masyarakat dapat menyaksikannya.

Tahun baru disini dimaknai sebagai hari kekeluargaan dan persahabatan, tidak lebih dari hal itu. Dan bahkan Natal disini bukanlah sesuatu acara yang sakral, tapi hari natal sudah menjadi bagian budaya, dan bahkan tidak ada orang yang ramai-ramai ke gereja pada saat natal.

Natal dan tahun baru di Inggris itu bukanlah ritual agama, namun merupakan hari kumpul bersama keluarga. Bahkan tidak sedikit warga Inggris yang tidak tau kalau natal itu adalah hari kelahiran kristus sebagaimana kepercayaan ummat kristiani.

Jadi, hampir semua warga Inggris jika ditanya apakah natal itu, mereka akan menjawab sebagai hari tukaran kado, tidak lebih dari itu. Sehingga semua warga disini akan mengucapkan selamat natal dan tahun baru sekalipun terhadap orang muslim. (bisnisaceh)