Rusia-pemakaman-Ibragim-dudarov

Pemakaman Ibragim Dudarov (reuters)

North Ossetia –  Ulama senior di Republik North Ossetia, di kawasan Kaukasus Rusia, ditembak mati dari jarak dekat ketika berada di dalam mobil.

Sekelompok pria bersenjata tidak dikenal melepas sejumlah tembakan ke arah Ibragim Dudarov ketika dia sedang dalam perjalanan pulang, Rabu (26/12/2012) malam.

Motif di balik serangan itu masih belum jelas, namun serangan serupa atas pemimpin umat Islam dalam tahun ini juga terjadi di Republik Dagestan dan Republik Tatarstan.

Delapan tahun lalu North Ossetia menjadi berita di dunia karena penyanderaan di sekolah di Beslan, yang menewaskan lebih dari 300 orang.

Namun belakangan ini North Ossetia relatif lebih aman dibandingkan kawasan-kawasan negara bagian Rusia dengan proporsi umat Islam yang tinggi.

Pemimpin ulama di North Ossetia, Khadzhimurat Gatsalov, kepada kantor berita Interfax mengatakan penembakan atas Dudarov berkaitan dengan tugas-tugasnya.

“Dia tewas karena keyakinan. Saya kira ini berkaitan dengan pekerjaannya,” ujar Gatsalov.

Bagaimanapun, Gatsalov menambahkan, bahwa kelompok “militan”–yang dituduh bertanggung jawab atas serangan kekerasan di Dagestan dan Chechnya–tidak aktif di North Ossetia.

Dudarov, yang berusia 38 tahun, tinggal di kampung Chmi dekat ibukota North Ossetia, Vladikavkaz, bersama istri dan empat orang anaknya.

Pemakamannya berlangsung, Kamis (27 /12/2012) di kampung tempat tinggalnya. (SOL)