Taylor-Swift

Jakarta – Stasiun  Televisi Republik Indonesia (TVRI), menerima surat teguran dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat karena menayangkan  adegan ciuman bibir .  Stasiun milik pemerintah ini  kedapatan menayangkan adegan yang dikategorikan sebagai pelanggaran atas pelarangan adegan seksual serta norma kesopanan dan kesusilaan pada program siaran “Diaryku” tanggal 6 Desember 2012.

Demikian dijelaskan dalam surat teguran yang ditandatangani Ketua KPI Pusat, Mochamad Riyanto, kepada Dirut TVRI, Farhat Syukrie, Kamis, 20 Desember 2012.

Koordinator bidang Isi Siaran KPI Pusat, Nina Mutmainnah mengatakan, pelanggaran yang terjadi adalah penayangan adegan ciuman bibir antara pria dan wanita dalam video klip “The Story of Us” Taylor Switt.

“Kami memutuskan bahwa tindakan penayangan adegan tersebut telah melanggar Pedoman Perilaku Penyiaran Komisi Penyiaran Indonesia tahun 2012 Pasal 9 dan Pasal 16 serta Standar Program Siaran Pasal 9 dan Pasal 18 huruf g,” kata Nina.

Selain pelanggaran itu, KPI Pusat juga menemukan penayangan adegan ciuman bibir antara pria dan wanita dalam video klip “One More Night” Maroon 5 pada program yang ditayangkan tanggal 14 Desember 2012 pukul 00.24 WIB.

“Kami meminta kepada TVRI untuk melakukan evaluasi dan sensor internal terutama untuk menjamin agar penayangan adegan seksual yang dilarang seperti di atas tidak terjadi lagi,” tegas Nina.

Dalam kesempatan itu, KPI Pusat meminta kepada TVRI agar menjadikan P3 dan SPS KPI tahun 2012 sebagai acuan utama dalam menayangkan sebuah program siaran. (KPI.go.id)