babi ngepet

Sebagian warga ternyata masih mempercayai adanya makhluk jadi-jadian yang disebut babi ngepet. Mereka percaya jika babi ngepet adalah manusia yang sedang mencari harta kekayaan atau pesugihan dengan berubah wujud menjadi babi.

Setiap kali ada penangkapan babi, tak jarang warga langsung memvonisnya sebagai babi ngepet. Padahal dalam banyak kasus, babi ngepet yang dimaksudnya ternyata hanya celeng alias babi hutan.

Kejadian teranyar terjadi di Kampung Palalangon, Desa Kertasari, Kecamatan Haurwangi, Cianjur, Jawa Barat. Warga menangkap seekor babi yang mereka yakini sebagai babi ngepet.

Warga setempat dijuluki babi ngepet tersebut menunjukkan keanehan , dimana layaknya manusia, babi tersebut memiliki kebiasaan merokok, makan nasi dan minum kopi sambil duduk.

“Sejak hari kemarin hingga pagi ini, jumlah warga yang datang terus bertambah. Bahkan ada yang datang dari Banten sejak malam tadi, mereka penasaran melihat tayangan di televisi dan berita di Koran-koran,” kata Abah Tamim tokoh masyarakat setempat, Selasa (11/12) seperti ditulis antara.

Dia menuturkan, selain kebisaan seperti manusia, babi yang saat ini di kurung dalam kandang, bisa duduk saat makan nasi atau merokok. Meskipun ungkap dia, sejumlah warga yang datang menduga babi tersebut jelmaan manusia, namun sebagian besar menilai babi tersebut hanya memiliki keanehan.

“Kami tidak mau masyarakat menjadi musrik atau gampang menunduh. Namun kenyataanya memang babi ini aneh, memiliki kebiasaan seperti manusia, bisa melirik ke kiri dan ke kanan, menangis dan berjalan mundur ketika hendak di pukul,” ucapnya.