spy bird

Burung Nazar Pemakan Bangkai yang membawa perlengkapan mata mata

Seperti dilaporkan Press TV  Jum’at  7/12/12  bahwa Sudan mengabarkan  telah menangkap burung pemakan bangkai yang tidak biasa. Burung ini kabarnya membawa perlengkapan  mata-mata Israel yang melekat padanya di wilayah Darfur barat, media Sudan melaporkan.

Menurut laporan media tersebut pada hari Kamis (6/12), pemerintah Darfur menemukan Layanan chip GPS yang melekat pada burung pemakan bangkai itu.

Burung itu tengah menjalankan misi spionase untuk rezim Tel Aviv. Salah satu sumber menambahkan bahwa burung itu memiliki pita label di kakinya dalam bahasa Ibrani, yang bertuliskan “Layanan Alami Israel,” dan “Universitas Ibrani, Yerusalem.”

Peralatan yang diikat dengan burung pemakan bangkai itu mampu mengambil foto dan mengirimnya kembali ke Israel.

Namun, Layanan Taman Nasional Israel membantah laporan tersebut dan mengatakan bahwa kedua chip GPS dan perangkat yang menempel pada burung digunakan oleh para ahli ekologi untuk melacak migrasi.

Sudan bukanlah satu-satunya negara yang melaporkan penangkapan burung dengan peralatan mata-mata Israel yang melekat padanya.

Pada tanggal 24 Oktober,  Menteri Informasi  Sudan Ahmed Bilal Osman mengatakan empat pesawat tempur Israel telah menyerang sebuah pabrik senjata  di ibukota Sudan, Khartoum, menewaskan sedikitnya dua orang.

Presiden Sudan Omar al-Bashir pada 26 /10 mengatakan   bahwa “perilaku sembrono merupakan manifestasi dari kekhawatiran  dan kegelisahan Israel karena gejolak politik dan sosial di wilayah tersebut dan tentang kemajuan di Sudan.”

Sudan bukanlah satu-satunya negara melaporkan penangkapan burung dengan peralatan mata-mata Israel yang melekat padanya.

Pada tahun 2011, media Saudi melaporkan bahwa pihak berwenang telah menangkap burung pemakan bangkai Griffon dengan peralatan mata-mata Israel yang melekat pada salah satu kakinya, dan bertuliskan “Tel Aviv University