image.php

F-16 milik Israel

Yerusalem: Sejumlah pencuri telah membawa kabur beberapa mesin jet tempur F-16 dari satu pangkalan udara di Israel tengah. Berita ini ramai dilaporkan media setempat, Kamis (6/12).

Penyelidikan awal menunjukkan, para pencuri mungkin dibantu oleh orang dalam di pangkalan itu, baik militer maupun sipil kata jejaring berita Walla. . Tidak jelas berapa mesin buatan Amerika Serikat yang telah digondol maling itu. Nilai mesin itu masing-masing mencapai jutaan dollar AS.

Laporan itu menyebutkan, masing-masing mesin turbofan memiliki bobot beberapa ton. Para penyelidik menduga pencuri logam berada di balik aksi itu. Namun, seperti laporan Israel National News di jejaringnya, polisi militer belum mengesampingkan keterlibatan pedagang senjata atau anasir yang berkaitan dengan teror dalam pencurian tersebut.

Juru bicara militer tak bersedia mengomentari kejadian tersebut. Pada Juni lalu, delapan mesin yang digunakan pada jet F-15 dan F-16 dicuri dari pangkalan udara Ramat David, Israel. Belakangan polisi menemukan bagian mesin di satu gudang yang digunakan pedagang logam potongan.

Para pejabat militer menggambarkan penerobosan keamanan di pangkalan udara itu sebagai “skandal”. Pencuri logam juga telah mengincar instalasi lain militer Israel satu tahun belakangan ini.  (M.N)