Andi

Jakarta – Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto dalam konferensi pers yang digelar  di Kantor KPK,  Jl HR Rasuna Said, Kamis (6/12/12 ) petang,  mengumumkan bahwa KPK telah mengeluarkan surat perintah pencekalan  bepergian keluar negeri terhadap Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Andi Alfian Mallarangeng,  terkait kasus dugaan korupsi proyek pembangunan Pusat Pendidikan, Pelatihan dan Sekolah Olahraga Nasional (P3SON) di Hambalang, Sentul, Jawa Barat.

“Ada tiga yang dimohon cegah ke luar negeri, yaitu AAM, AZM dan MAT dari PT AK,” kata Bambang. AAM adalah Andi Alfian Mallarangeng, Andi Zulkarnaen Mallarangeng (Coel) yang diketahui adik Menpora, dan MAT adalah Muhammad Arief Taufiqurahman yang merupakan Direktur Operasional 1 PT Adhi Karya.

Dalam surat permohonan pencehagan KPK ke Ditjen Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumhamham) nomor 4569/01-23/12/2012 Tanggl 3 Desember 2012,. , disebutkan bahwa Menpora Andi Alfian Mallarangeng telah menjadi tersangka kasus dugaan korupsi Hambalang.

Berikut isi dokumen KPK permohonan cegah nomor 4569/01-23/12/2012 Tanggl 3 Desember 2012, yang menetapkan Andi sebagai tersangka.

Yth
Ditjen Imigrasi Kementerian hukum dan Hak Asasi Manusia

Diberitahukan bahwa saat ini KPK sedang melaksanakan penyidikan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) terkait pembangunan pengadaan peningkatan sarana dan prasarana olahraga di Hambalang tahun anggaran 2010-2012 yang dilakukan oleh tersangka Andi Alfian Mallarangeng selaku Menpora atau pengguna anggaraan pada kemenpora dan kawan-kawan sebagaimana dimaaksud dalam pasal 2 ayat 1 dan pasal 3 UU Pemberantasan Tipikor.

Untuk kepentingan penyidikan dimohon bantuannya untuk mencegah atau bepergian melarang ke luar negeri terhadap 3 orang dengan identitas sbb:

1. Andi Alfian Mallarangeng
2. Andi Zulkarnain Mallarangeng
3. M Arief Taufiqurrahman

KPK telah menetapkan Menpora Andi Alifian Mallarangeng sebagai tersangka dalam kasus dugaan  korupsi proyek Hambalang. Sebelumnya