red-raspberry-isp

Makan buah raspberry bisa turunkan berat badan? Ekstrak raspberry yang manis dan asam memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Buah kaya antioksidan ini berasal dari daratan Eropa dan kini mulai dibudidayakan di banyak negara. Raspberry biasanya dikonsumsi mentah atau dipakai sebagai topping untuk makanan penutup. Berikut adalah manfaat kesehatan dari raspberry, seperti dilansir Boldsky.

1. Membakar lemak

Buah merah sangat kaya serat dan mangan. Serat dapat memperlambat proses pencernaan sehingga Anda merasa kenyang lebih lama. Mangan meningkatkan metabolisme tubuh, yang membantu pembakaran lemak. Selain itu, kandungan keton dalam raspberry dapat memecah jaringan lemak dengan meningkatkan produksi adiponektin (hormon protein dalam jaringan lemak yang meningkatkan kemampuan metabolisme lemak). Menurut Dr Mehmet Oz, makan raspberry membuat Anda kenyang lebih lama.

2. Mengurangi risiko serangan jantung

Asam ellagic dalam raspberry mengurangi kemungkinan terkena serangan jantung. Asam tersebut menghilangkan kadar kolesterol jahat dan menurunkan tekanan darah tinggi. Terlebih, asam salisilat dalam rapsberry dapat membantu melawan aterosklerosis dan penyakit jantung.

3. Menyembuhkan kerusakan hati

Secangkit raspberry dapat mencegah kerusakan sel dan hati. Buah ini dapat mencegah pembentukan plak di dinding hati (penyebab kanker hati). Selain itu, kandungan keton dalam raspberry juga dapat membakar lemak di hati.

4. Menjaga kestabilan gula darah

Meskipun buah ini terasa manis, raspberry ampuh dalam mengontrol kadar gula darah. Adinopectin yang dilepaskan oleh keton membantu mengendalikan kadar gula darah. Itulah sebabnya raspberry adalah buah terbaik untuk penderita diabetes tipe 2.

5. Baik untuk kulit

Antioksidan dan vitamin dalam raspberry membuat kulit semakin kencang dan bersinar. Keton juga dapat mengurangi efek radikal bebas dari tubuh. Alhasil, kulit terhindar dari tanda-tanda penuaan, seperti keriput. Apalagi jika Anda rajin memakainya sebagai masker.

Inilah manfaat kesehatan dari raspberry. Namun, perlu diketahui bahwa buah ini juga dapat menyebabkan alergi. Jika Anda menderita masalah tiroid, konsultasikan dengan dokter sebelum makan raspberry. (M.C)