GAZA – Setelah berhasil menembak jatuh sebuah pesawat tempur Israel dengan roket tipe dari darat ke udara, para pejuang Palestina menawan dua pilot pesawat tersebut. Demikian dilaporkan Alalam (17/11).

Pilot-pilot pesawat F-16 Israel itu ditangkap oleh para pejuang Brigade Izzuddin Qassam, sayap militer Hamas.

Sebelumnya, juru bicara militer Israel dalam wawancaranya dengan Aljazeera membantah bahwa pesawat tempurnya jatuh ditembak pejuang Palestina, akan tetapi Kanal 2 TV Israel mengakui keterkaitan hilangnya satu unit pesawat tempur Israel di Gaza dengan keberadaan dua pilotnya.

Brigade Izzudin Qassam mempublikasikan laporan terkait rezim Israel di sejumlah jejaring sosial dan mengatakan, “Satu unit pesawat tempur rezim Zionis berhasil ditembak jatuh, dan kami tengah mempersiapkan serangan-serangan mengejutkan lain untuk Israel.”

Brigade Izzuddin Qassam membuktikan penangkapan dua pilot Israel yang pesawat F-16 mereka jatuh hari Jumat (16/11) di Jalur Gaza akibat tembakan roket kelompok muqawama.

FNA (18/11) melaporkan, Brigade Izzuddin Qassam, sayap militer Hamas menyatakan bertanggung jawab atas penembakan jet tempur F-16 Israel di atas zona udara Gaza.

AFP dalam laporan terbarunya mempublikasikan foto seorang anggota Brigade Izzuddin Qassam yang menunjukkan kartu tanda pengenal dua pilot Israel yang sekarang ditahan oleh kelompok muqawama.

Juru bicara militer Israel menepis penyanderaan dua pilot tersebut.