Kawkareik, Karen State – Dua masjid di kota Kawkareik, Township  negara bagian Karen (Kayin) jelas sekali menjadi target untuk dihancurkan. Seperti dilansir Kaladan Press pada Selasa (30/10). Hari  Ahad  malam (28/10/2012), berdasarkan laporan seorang tokoh Muslim dari Karen , dua masjid di kota Kawkareik itu  diserang oleh tiga granat, Salah satu granat meledak di dalam kompleks masjid, sementara yang lain menghantam  dinding bata.

“Sebuah ledakan terjadi di dekat Masjid Kyondo di jalan Bochouk, Kyondo, sebuah sub kota Kawkareik setelah dua sepeda motor dengan empat orang tak dikenal mendekati sekitar pukul 23:50, pada 28 Oktober,” kata sumber.

Serangan serupa dilaporkan di Kyondo, sebuah sub-kotapraja Kawkareik, di mana warga melaporkan ledakan kecil di sebuah masjid lokal. Tidak ada korban tewas atau terluka dalam insiden tersebut, tetapi nampaknya menyebabkan kerusakan.

Ledakan serupa juga terjadi di dekat Masjid Rayneseegone (Darga) di kota Kawkareik pada Senin (29/10) sekitar pukul 00:30 waktu setempat, menurut seorang pedagang dari kota tersebut.

“Ada dua granat yang dilemparkan ke halaman masjid, satu granat tidak mengenai target dan satunya lagi menghantam dinding,” katanya.

“Granat tangan dilemparkan oleh dua orang dari sepeda motor.”

Menurut warga lokal, ini adalah pertama kalinya masjid-masjid mendapatkan serangan seperti ini.

Muslim setempat belum mengetahui siapa pelaku dibalik serangan ini dan apa alasannya.

Mereka mengatakan bahwa mereka tidak yakin apakah insiden ini terkait dengan tragedi yang terjadi di negara bagian Arakan.