©Odditycentral.com

Masalah ratu kecantikan sejagat bukan monopoli manusia saja,  baru baru ini 3000 ikan mas koki dari 14 negara di seluruh dunia bersaing merebut gelar sebagai Ratu Ikan Mas Koki  Sedunia.

Kontes ini merupakan bagian dari International Goldfish Championship, kejuaraan ikan mas yang pertama kali digelar di dunia.

Jika dalam kontes ratu sejagat seperti Miss Universe para kontestannya berlenggak-lenggok di atas panggung, lain halnya dengan para calon ratu kecantikan di ajang ini.

Oddity Central, Selasa (18/9) melaporkan, ikan mas peserta ditaruh dalam wadah putih yang dijejerkan di lokasi pertandingan. Akhir pekan mendatang, para dewan juri akan memutuskan siapa pemenang dalam kontes yang berlangsung d Fuzhou, provinsi Fujian, Cina itu.“Kami menilai berdasarkan lima kriteria, yaitu asal-usul keturunannya, bentuk tubuh, gerakan saat berenang, warna, dan kesan secara keseluruhan,” papar Ye Qichang, salah satu anggota dewan juri kepada Reuters.

Walau belum memutuskan siapa pemenangnya, para juri telah memiliki peserta favorit, yaitu seekor ikan mas dengan berat badan 1,75 kilogram. Kontestan yang satu ini menarik perhatian para dewan juri karena ukuran tubuhnya dan kelincahannya saat berenang.

“Tidak semua ikan mas bisa tumbuh sebesar ini. Ikan mas tidak dapat tumbuh sebesar itu jika mengidap penyakit selama masa perkembangbiakan. Ikan mas yang satu ini cukup langka,” pungkas Ye Qichang.

.