Yaudong Rumah Gua Tradisional China

Di jaman modern  seperti sekarang  orang  berlomba lomba membangun rumah rumah beton seperti  perumahan perumahan mewah. gedung gedung apartemen yang  menjulang  tinggi dan lain lain ,  ternyata  masih ada  3  juta penduduk China  yang  nyaman tinggal di dalam  tanah alias gua.

Seperti dilansir oleh The Los Angeles Times, jutaan penduduk China memutuskan untuk menggali bawah tanah dan mulai tinggal dalam gua. Meski begitu, di dalamnya, terdapat banyak fasilitas seperti rumah modern pada umumnya.

Tinggal di dalam gua menjadi pilihan sebagian masyarakat China karena mereka tak memerlukan bahan-bahan untuk membangunnya. Mereka hanya perlu menggali gunung atau bukit untuk membuat rumah.

Kebanyakan rumah gua ini terletak di propinsi Shanxi, wilayah yang terdiri atas tanah kuning yang mudah digali. Rumah gua yang disebut “Yaodong” ini memiliki pintu masuk berbentuk setengah lingkaran yang ditutupi dengan kertas nasi atau karpet yang digantung.

Kebanyakan yaodong tidak terlalu mewah, namun fasilitas modern seperti pipa air, listrik, dan telepon sudah tersedia bagi penduduk yang tinggal di sana. Meski tak bisa membeli peralatan rumah yang mewah, penduduk China yang tinggal di gua menikmati kealamian rumah mereka.

Berdasarkan laporan pada tahun 2007, sebagian besar penghuni Yaodong adalah orang tua dan manula. Kebanyakan anak muda pindah ke kota besar dan membangun rumah-rumah beton. Namun beberapa dari mereka mengaku ingin kembali dan menghabiskan masa tua di rumah gua tersebut.

“Ketika saya menjadi tua, saya ingin kembali ke akar saya,” kata Ren Shouhua, salah satu ‘manusia gua’ yang telah pindah ke kota, seperti dilansir oleh Odditycentral (22/05).

“Hidup di sini nyaman dan mudah. Aku sudah tinggal di gua seumur hidupku, jadi aku tak bisa membayangkan sesuatu yang berbeda,” ucap Ma Liangshui, 76 tahun, penghuni gua. Liangshui tinggal dalam sebuah gua yang memiliki satu kamar dengan tempat tidur, lubang api untuk memasak, dan listrik untuk menyalakan satu bola lampu.

Percaya atau tidak, rumah gua ini banyak diminati. Orang-orang berdatangan untuk menyewa rumah gua tersebut, namun tak ada yang ingin pindah. Satu rumah gua bisa dibeli dengan harga USD 46.000. Sementara untuk orang yang hanya ingin singgah, rumah gua ini disewakan seharga USD 30 per bulan.

Coba perhatikan bentuk-bentuk rumah gua di China, di bawah ini.

Bagaimana, tertarikkah anda  jadi manusia gua di China?