Pasangan Pengantin Gay Ngeo Boon Lin dan Phineas Newborn III.

Kualalumpur – Seorang pendeta gay yang menikahi pacarnya di New York tahun lalu dilaporkan telah menyelenggarakan pesta perkawinan di Malaysia, sebuah negara berpenduduk mayoritas Muslim, Sabtu (4/8). Pasangan gay itu merasa bangga karena keduanya berhasil mencetak sejarah yang diyakini sebagai peristiwa pertama semacam itu di suatu negara mayoritas Muslim.

Pasangan gay itu bernama Ngeo Boon Lin, seorang keturunan Cina kelahiran Malaysia. Ngeo merupakan seorang pendeta etnis Cina yang tinggal di Amerika Serikat sejak 1998. Ia menikahi pasangannya yang berprofesi sebagai produser musik bernama Phineas Newborn III.

Keduanya menyelenggarakan resepsi pesta perkawinan secara diam-diam pada Sabtu lalu yang dihadiri lebih dari 20 tamu dan berlangsung cukup meriah. Resepsinya juga dihadiri sejumlah wartawan surat kabar berbahasa Cina yang sebenarnya sudah diminta untuk tidak melaporkan pesta perkawinannya.

“Kami bersyukur telah membuat sejarah di Malaysia,” kata Newborn.

Kajadian ini menarik kecaman dari pejabat Malaysia dan kelompok agama saat Ngeo menikahi Newborn, Agustus silam. Meski Bonn Lin beragama Kristen, menteri kabinet Malaysia untuk urusan Islam khawatir pernikahan itu akan menimbulkan kecaman di antara 28 juta penduduk Malaysia, termasuk Muslim Melayu yang terdiri dari hampir dua pertiga dari populasi.

“Ini hak saya untuk merayakan sukacita saya dengan orang yang saya sayangi,” kilah Ngeo.

Sumber : AFP