Bagaimana galaksi Bima Sakti kita terbentuk? Untuk melihatnya kita akan menggunakan simulasi komputer yang dipercepat bermiliar-miliar kali dari kejadian aslinya, sebab skala waktu astronomi beda dengan skala waktu manusia. Seratus tahun dalam skala manusia sangat-sangat tidak berarti bagi alam semesta ini.

Warna hijau pada video simulasi ini mewakili gas hidrogen. Waktu (dalam miliar tahun), akan ditunjukkan di bagian kanan bawah. Dark matter berperan, tapi tidak ditampilkan pada video dibawah ini.

Simulasi pada video dimulai dengan jatuhnya sejumlah gas dan terakumulasi di suatu daerah yang memiliki gravitasi yang sangat tinggi. Kemudian sejumlah proto-galaksi terbentuk, berputar, dan mulai bergabung.

Setelah empat miliar tahun, akan tampak materi yang terpusat dan membentang sekitar 100 ribu tahun cahaya. Selang beberapa miliar tahun kemudian, galaksi Bima Sakti muda bertabrakan dengan galaksi lainnya, kemudian akan membentuk sebuah piringan galaksi tunggal yang terus berkembang.

Diperkirakan dalam beberapa miliar tahun ke depan, galaksi Bima Sakti akan bertabrakan dengan galaksi Andromeda. (inilah.com)