Fasilitas mobile Android pada pesawat Boeing 787 Dreamliner terbaru

London – Untuk lebih memanjakan para penumpang, pesawat Boeing  787 Dreamliner terbaru  menghadirkan sistem Android sebagai sarana hiburan .

Seperti diberitakan situs SlashGear, produsen pesawat terbang Boeing mengaplikasikan teknologi mobile Android pada pesawat Boeing 787 Dreamliner terbaru. Pesawat yang sudah dibeli perusahaan penerbangan Qatar Airways ini dipamerkan dalam ajang Farnborough Internasional Airshow, di Inggris, pada akhir pekan lalu.

Boeing menawarkan dua model entertainment system berbeda untuk 787 Dreamliner. Keduanya berjalan dengan Android, yaitu Panasonic eX3 dan Thales TopSeries Avant.

Namun detail spesifik hanya diberikan untuk model Thales, yang ditunjukkan selama demonstrasi di pameran dirgantara internasional itu.

Model Thales TopSeries Avant terintegrasi dengan Qatar Airways 787 Dreamline yang terdiri dari dua kelas, ekonomi dan bisnis. Model ini akan dilengkapi layar sentuh berukuran tujuh inci dan 10 inci.

Spesifikasi yang menyertainya antara lain, dual core ARM processor, 1GB RAM, 256GB storage dan merupakan media device utama.

Namun karena interface telah dikostumisasi, maka tidak mudah mengungkapkan versi Android mana yang mereka jalankan. Tapi melihat dari waktu produksinya, tampaknya perangkat ini berjalan dengan Android 2.3 atau 3.0.

Penerapan gadget canggih di pesawat terbang memang terus berkembang, setelah akhir tahun lalu FAA mengizinkan beberapa maskapai penerbangan di AS mengganti manual penerbangan mereka dengan iPad.

Akankah perusahaan penerbangan Tanah Air juga akan melengkapi sejumlah pesawatnya dengan sarana hiburan seperti ini? (I.C)