Pemerintah Inggris memiliki unit khusus UFO hingga 2009.

Pemerintah Inggris membuka berbagai dokumen ke publik soal penampakan dan investigasi keberadaan piring terbang atau UFO.

Tercatat ada 25 berkas dokumen milik Arsip Nasional yang sekarang bisa diakses oleh masyarakat, termasuk dokumen penjelasan UFO kepada Perdana Menteri Tony Blair dan keberadaan unit kerja pemerintah yang secara khusus membidangi piring terbang.

Unit tersebut ditutup pada 2009 dan salah seorang mantan pegawai unit ini mengatakan tidak benar bahwa timnya bersifat sangat rahasia.

Ia menambahkan bahwa timnya sama sekali tidak bekerja seperti agen-agen rahasia di film X-Files.

Yang dilakukan unit ini, kata dia, adalah menyediakan bahan penjelasan bagi para pejabat di Kementerian Pertahanan soal posisi pemerintah tentang UFO, investigasi masalah ini, dan berhubungan dengan para ahli UFO.

Beberapa kasus yang didalami oleh unit UFO tersebut di antaranya penampakan piring terbang di atas stadion Chelsea di Stamford Bridge yang dilaporkan oleh seorang anggota polisi dan ‘kunjungan tiga mahluk asing’ ke sebuah rumah di daerah Lincolnshire, di Inggris timur.

Sinyal radio asing

“Kita sekarang tahu laporan-laporan apa saja yang masuk ke pemerintah dan bagaimana pemerintah menanggapi berbagai laporan soal penampakan UFO.”

David Clarke

Menurut berkas ini, seorang pemilik hotel di Wales, di Inggris barat daya, melaporkan pendaratan piring terbang dan kegiatan beberapa penumpang piring terbang tersebut mengukur satu ladang di kawasan tempat ia tinggal.

Meski unit pemerintah ini tidak memilii bukti kuat bahwa UFO memang benar-benar mengunjungi Bumi, pegawai di unit ini menganalisis bahwa kunjungan oleh UFO mungkin disebabkan oleh tiga faktor.

Yang pertama pengintaian militer, yang kedua penelitian ilmiah, dan yang ketiga kunjungan wisata.

Dalam berkas yang disiapkan untuk Kementerian Pertahanan pada 1979 disebutkan bahwa pemerintah tidak sekalipun menangkap sinyal radio dari mahluk angkasa luar.

Berbagai dokumen resmi soal UFO ini bisa diakses publik setelah seorang penulis dan dosen Inggris bernama David Clarke meminta pembukaan dokumen berdasarkan undang-undang kebebasan informasi.

“Kita sekarang tahu laporan-laporan apa saja yang masuk ke pemerintah dan bagaimana pemerintah menanggapi berbagai laporan soal penampakan UFO,” kata Clarke. (BBC)