RUKANAH dikenal sebagai orang yang kuat di negeri Arab. Ia juga jago berkelahi. Dalam suatu perkelahian Rukanah berhasil mengalahkan 10 orang sekaligus. Kehebatan Rukanah yang demikian menjadikan ia sombong dan takabur.

Satu saat Rukanah bertemu dengan Raulullah SAW. “Hai Muhammad, beranikah engkau melawan aku?” tantangnya. Tentu saja Rasullah SAW dengan nada pasti menjawab, “Siapa takut”.

Akhirnya terjadilah duel sengit antara Rasulullah SAW melawan Rukanah. Rukanah yang dikenal hebat ternyata tidak berkutik menghadapi Rasulullah. Kendati Rasulullah SAW pun badannya kalah kekar dibanding Rukanah, namun beliau tanpa kesulitan berhasil menaklukkan Rukanah.

Bahkan Rasulullah berhasil mengangkat tubuh Rukanah yang jauh lebih besar, dan diputar-putarnya di atas kepalanya lalu beliau melemparkan Rukanah ke tanah, hingga kesakitan.

Rukanah pun mengaku kalah. “Aku kagum pada kehebatanmu Muhammad,” katanya.

Rasulullah pun menyambut dengan biasa-biasa saja sanjungan Rukanah. Lantas Rasulullah pun menunjukkan kekuatan lainnya. Rasulullah panggil pohon yang berdiri tegak untuk mendekatinya. Anehnya pohon itu pun mendekat.

Namun dasar Rukanah, ia tetap saja menganggap kehebatan Rasulullah sebagai kekuatan sihir [HT]