JAKARTA – Berbeda dengan para petinggi di Indonesia yang makin tajir  gara gara jabatannya. Presiden Negara  adidaya  Amerika Serikat  Barrack Obama  malah kian merosot.

Salah satu majalah ekonomi  terkemuka dunia Forbes , melansir kekayaan presiden negara adidaya itu ditaksir tinggal 6 juta dolar AS atau Rp54 miliar (kurs Rp9.000 per dolar AS). Harta kekayaan ini diketahui dari laporan keuangan yang terakhir dikeluarkan oleh Obama pada Selasa, 15 Mei 2012 lalu.

Selanjutnya Forbes membandingkannya dengan dengan data yang pernah disampaikan Obama pada Mei empat tahun silam. Berdasarkan data yang dirilis Gedung Putih, kekayaan dan aset Presiden Obama tahun 2011 bernilai antara 2,6 juta dolar hingga 8,3 juta dolar. Sedangkan tahun 2010, harta kekayaan Barack dan Michelle Obama berjumlah antara 1,8 juta dolar hingga 12 juta dolar.

Obama cuma mengandalkan gaji 400.000  dolar AS per tahun atau Rp4,6 miliar atau 383 juta per bulan. Gaji ini jauh di bawah gaji Perdana Menteri Singapura 2,47 juta dolar AS per tahun atau Rp32,8 miliar atau Rp2,7 miliar per bulan. Sedangkan gaji Presiden Indonesia mengantongi gaji per tahun 124.171 dolar AS atau setara dengan Rp1,12 mi-liar.

Tak mengeluh

Walau gaji terbilang rendah untuk ukuran gaji presiden dunia, juga kekayaan terus turun, Obama tak pernah mengeluh. Dia tak sekalipun curhat bahwa gajinya kecil sehingga perlu dinaikkan.

Pemerintahan Obama juga dinilai bersih dari aksi korupsi atau pemborosan anggaran. Tak ada anak buahnya di pemerintahan atau partai yang terjerat kasus korupsi proyek yang dibiayai uang rakyat.

 

 

Sumber