Jakarta – Skandal asmara antara artis dan pejabat dari jaman orde baru sudah banyak yang terendus oleh publik , namun tidak muncul ke permukaan karena kurang bebasnya media cetak maupun elektronik  berbicara. Setelah reformasi bergulir dan brbagai media bebas berekpresi, publikpun banyak sekali disuguhi berbgai pemberitaan yang fenomenal yang menghebohkan.

Baru baru ini pejabat-pejabat kepolisian sempat dipusingkan  dengan pemberitaan yang begitu menghebohkan  antara Shinta Bachir dan seorang jenderal bintang tiga, namun karena pintarnya mengolah situasi sehingga jati diri sang jendral tidak muncul kepermukaan. hanya orang orang tertentu saja yang mengetahui jati diri sang mantan kapolda metro jaya ini.

Sebenarnya, skandal asmara antara seorang artis dengan pejabat bukanlah fenomena baru. Skandal yang paling mencuri perhatian di masa lalu adalah kisah cinta pedangdut Machica Moechtar dengan seorang pejabat tinggi terkuat Orde Baru, Moerdiono.

Berbagai cara pun dilakukan Machica untuk mendapat pengakuan sebagai istri sah dari Moerdiono. Tak hanya mengadu ke Komnas HAM, ia bahkan sampai ke Mahkamah Konstitusi untuk mengajukan uji materiil UU Perkawinan.

Tapi, pengakuan dari mantan menteri yang menjabat paling lama dalam pemerintahan Soeharto itu tetap tak kunjung datang. Hingga sampai akhirnya Moerdiono menghembuskan nafas terakhirnya pada 7 Oktober 2011 silam, pengakuan itu tetap nihil.

Di tengah-tengah kisah cinta Machica dan Moerdiono, sempat juga muncul nama model dan desainer Poppy Dharsono yang dikabarkan punya hubungan khusus dengan Moerdiono. Bahkan nama Poppy sempat dibawa-bawa sebagai alasan Moerdiono menggugat cerai istri pertamanya, Maryati.

Di era reformasi, jagat hiburan juga sempat diusik dengan skandal artis Maria Eva dengan anggota DPR Yahya Zaini. Skandal mereka mulai terungkap ke publik saat video seks mereka tersebar luas di masyarakat pada 2006.

Skandal artis dengan anggota DPR tak berakhir di situ. Pedangdut Kristina juga pernah merasakan pilunya skandal asmara. Ia sempat dinikahi oleh anggota DPR bernama Al Amin yang belakangan bermasalah. Sang Wakil Rakyat ditangkap KPK, dan juga terbukti serong dengan perempuan lain. Kristina merasa menjadi korban. Ia pun minta cerai, tapi ternyata tak mudah. Setelah dua kali gagal menggugat, Kristina akhirnya resmi bercerai dengan Al Amin pada Juni 2009.

Tak hanya pejabat tinggi negara dan anggota DPR yang main mata dengan para artis. Para pejabat daerah pun banyak yang tersangkut asmara serupa. Artis cantik Manohara misalnya, sempat dikabarkan mempunyai kisah ‘skandal’ dengan salah seorang gubernur. Kisah itu menyeruak saat foto Manohara muncul dengan seorang yang diduga sebagai Gubernur Sulawesi Tenggara, Nur Alam. Namun, ibunda Manohara, Daisy Fajarina langsung membantah kabar itu.

Drama demi drama terus bermunculan, dan tiba-tiba publik dikejutkan dengan adanya tuduhan perzinaan terhadap Zumi Zola, bintang sinetron dan film yang kemudian terpilih sebagai Bupati Tanjung Jabung Timur, Jambi. Zumi dituduh berzina dengan perempuan bersuami, Peni Farnita. Kasus itu kini bergulir ke ranah hukum.

Dan yang paling menghebohkan adalah kisah Shinta Bachir dengan seorang mantan Kapolda Metro Jaya. Kisah mereka menjadi buah bibir beberapa hari terakhir. Apalagi cerita skandal mereka dibumbui dengan tuduhan ancaman pembunuhan dari sang jendral. Niat untuk mempolisikan sang jenderal pun sempat dilontarkan perempuan asal Wonosobo itu, tapi urung dilakukan.