Naga terpanjang di dunia di pecinan Melbourne (travel.malaysia.msn.com)

Naga terpanjang di dunia di pecinan Melbourne (travel.malaysia.msn.com)

MEMILIKI sejarah yang berusia lebih dari 5.000 tahun yang lalu, tidak heran bangsa China sangat kaya akan kebudayaan.

Bangsa China juga terkenal sebagai pengembara, sehingga banyak sekali keturunannya berada di seluruh penjuru dunia. bangsa-bangsa China yang berada di negara-negara lain ini mempertahankan kebudayaannya dengan tinggal di sebuah daerah yang sama, yang disebut pecinan. Di sini, hidup warga keturunan China lengkap dengan makanan dan kebudayaan khas mereka. Berikut adalah ulasan mengenai pecinan-pecinan terbaik di seluruh dunia:

Toronto, Kanada

Kota Toronto di Kanada mempunyai 7 pecinan. Pecinan ini sudah ada sejak tahun 1960an. Kemudian sejak tahun 1980an, bangsa China di Kanada semakin banyak dan tersebar di Scarborough, Richmond Hill, North York, Missisaugam dan Markham. pecinan-pecinan ini memiliki mall dan pusat perbelanjaan yang mirip seperti pusat perbelanjaan di hong kong. Tidak hanya pusat perbelanjaan, pecinan ini juga memiliki toko-toko pinggir jalan dengan barang-barang khas china yang bisa ditawar.

New York, Amerika Serikat

Bangsa China yang tinggal di kota New York pertama kali menghuni Lower East Side di Manhattan, pada abad ke-19.

Sejak tahun 1980an, pecinan manhattan berkembang pesat dan bahkan melampaui pecinan di San Fransisco, yang tadinya dikenal sebagai pecinan terbesar di luar Asia. Di New York sendiri saat ini ada enam pecinan yang tersebar di kota ini.

Singapura

Singapura adalah temat ebrtemunya berbagai etnis dan bangsa, yaitu melayu, india, china dan lain-lain. Warga keturunan China memang mendominasi negara kecil ini. Pecinan di singapura memiliki banyak bangunan bersejarah, dan juga makanan-makanan khas China.

Pecinan ini kerap dipenuhi wisatawan mancanegara, terutama setiap masa-masa liburan. Barang-barang di pecinan ini pun terkenal otentik dan juga dengan harga yang terjangkau.

Melbourne, Australia

Pecinan di kota ini telah ada sejak tahun 1854. Pecinan di Melbourne juga dipercaya sebagai pecinan terbaik di seluruh dunia. Di sini, terdapat sebuah naga china (liong) yang terpanjang di dunia yang dipertontonkan saat tahun baru China.
Naga ini dipanggul oleh 50 orang, dan diberi nama The Millenium Dai Loong Dragon. Setiap tahunnya saat tahun baru imlek, 200 orang berkumpul di pecinan ini untuk menonton naga ini diarak keliling kota.

Kuala Lumpur, Malaysia

Pecinan di Malaysia terletak di Jalan Petaling, dan pecinan di kota ini terkenal dengan makanan dan barang-barang fashionnya. Pecinan ini paling ramai saat malam hari, saat lampu-lampu lampion mulai menyala dan menambah semarak pecinan yang bernuansa merah dan emas ini. Di sini dapat ditemukan berbagai barang-barang bermerek dengan harga yang miring.

San Fransisco, Amerika Serikat

Setiap tahunnya, Pecinan San Fransisco mengadakan parade meriah di tahun baru China. tidak hanya untuk menarik wisatawan, parade ini juga dipercaya dapat membawa keberuntungan di tahun yang baru. Yang unik di pecinan San Fransisco ini adalah adanya sebuah tempat untuk belajar menyeduh teh ala China. Di sini, Anda dapt membeli daun teh melati China dan menyeduhnya di teko tradisional China.

Sumber