(foto:dok/ist)

Jakarta – Sebuah masjid megah tengah dibangun di Pontianak, dengan anggaran mencapai Rp 80 miliar. Masjid yang akan menjadi terbesar dan termegah di Kalimantan Barat ini nantinya juga bakal menjadi salah satu daya tarik pariwisata setempat.

“Masjid ini akan menjadi simbol kebersamaan, persatuan, dan ketaatan pada Tuhan. Masjid ini juga akan menjadi kebanggaan kita semuan,”kata pengusaha Oesman Sapta yang bertindak selaku ketua Penanggung Jawab Pembangunan Masjid, Jumat (18/11).

Sebelumnya, Pontianak sudah memiliki masjid yang cukup besar yakni Masjid Agung Mujahidin. Namun, masjid tersebut dinilai sudah tidak memadai sehingga diputuskan untuk dirombak total, dan dibangun dengan lebih luas dan lebih megah.

“Ada keprihatinan saat pemda dan pengusaha jika membawa tamu dari  luar, masjid di Pontianak kurang layak. Jadi diputuskan untuk membangun masjid baru,” katanya.

Oesman yang merupakan putra daerah Pontianak mengaku tergugah saat diminta pemda untuk memimpin pembangunan masjid ini.

Dari kebutuhan dana sekitar Rp 80 miliar, dia mengucurkan dana Rp 20 miliar. Bantuan pemprov dan pemkot sekitar Rp 20 miliar dan sumbangan pengusaha lainnya Rp 10 miliar. Oesman bertekad, kekurangan dana sekitar Rp 30 miliar bisa dihimpun dalam masa pembangunan selama 1,5 tahun ke depan.

“Selama ini mungkin saya terlalu memikirkan dunia. Saatnya menabung untuk akhirat. Saya yang akan bertanggung jawab penuh kalau dana tidak terkumpul,” tegasnya.

Dia sangat yakin, keberadaan masjid ini nantinya akan membawa kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat Kalbar umumnya dan masyakarat Pontianak khususnya menjadi lebih baik.

Dia juga punya mimpi, suatu saat bisa digelar MTQ tingkat Asean di Pontianak.
Masjid Agung Pontianak yang berdiri di atas lahan seluas 25 ribu meter persegi ini nantinya bisa menampung jamaah hingga 8000 orang.

Sumber