Kepala negara ASEANAmbisi dekat ASEAN adalah membangun jaringan Komunitas ASEAN 2015.

Kepala-kepala negara Asosiasi Negara Asia Tenggara (ASEAN), Kamis (17/11) mendeklarasikan Deklarasi Bali III untuk terwujudnya Komunitas ASEAN di tengah komunitas global.

Deklarasi ini merupakan langkah terbaru para pemimpin Asia Tenggara yang diharapkan mampu mewujudkan Komunitas ASEAN 2015 menuju peran global 2022.

Dalam pidato pembukaan KTT ASEAN di Nusa Dua, Bali, Kamis pagi, Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan: “Bali Concord III yang akan memetakan jalan ke depan, bagi interaksi komunitas ASEAN dengan komunitas global bangsa-bangsa. Hal ini sesungguhnya sejalan dengan tradisi kerja sama ASEAN selama ini, yang selalu membuka diri terhadap dunia luar, seperti melalui mekanisme dialog ASEAN dengan mitra wicaranya, dan forum strategis seperti Asean Regional Forum.”

Seperti dilaporkan wartawan BBC Sigit Purnomo, Komunitas ASEAN juga diharapkan mampu memegang perang penting dalam krisis keuangan yang saat ini melanda Eropa atau krisis politik di Timur Tengah.

”Di tengah ‘pancaroba’ ini, banyak harapan ditumpukan pada kawasan kita. Sejarah telah me-nguji dan membuktikan bahwa ASEAN kian menjadi asosiasi yang matang, yang mampu menciptakan stabilitas dan keamanan kawasan, mampu meningkatkan kekuatan ekonominya, serta mampu menjadi komunitas yang makin “people-centered” dan mampu pula menjalin kerukunan antar indentitas dan peradaban yang beragam,” klaim Presiden Yudhoyono.

Burma disepakati

Juga disepakati pembentukan Pusat Koordinasi Bantuan Kemanusiaan ASEAN (AHA Center) serta Deklarasi Persatuan Asean dalam Keragaman Budaya.

Dalam Pernyataan Kepala Negara ASEAN diperkirakan juga akan menyertakan keputusan untuk menunjuk Burma sebagai Ketua ASEAN pada tahun 2014 mendatang.

Meski masih mendapat tentangan dari sebagai masyarakat interansional, penunjukan Burma telah disepakati dalam pleno para pemimpin negara ASEAN.

”Kepemimpinan Burma ini sudah diputuskan dalam pertemuan kepala negara di KTT ASEAN, ” kata Michael Tene, juru bicara Kementerian Luar Negeri Indonesia saat dihubungi melalui telepon.

Usai pendeklarasian Deklarasi Bali III, 10 kepala negara ASEAN kemudian akan melanjutkan pertemuan dalam KTT Asia Timur yang akan dihadiri oleh Presiden Amerika Serikat Barack Obama dan Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki Moon.

Di Bali 10 pemimpin ASEAN juga akan menggelar pertemuan dengan Cina, Jepang dan Korea Selatan dalam forum ASEAN+3.

Sumber : bbc.co.uk